Yanuar, Rizka Nurwati (2023) Pembelajaran Kingdom Plantae menggunakan model Project Based Learning berbantu media Padlet terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER RIZKA NURWATI YANUAR.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR IS1 Fiks.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Fiks.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II Fiks.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III Fiks.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV Fiks.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V Fiks.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan siswa di abad-21. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kingdom plantae melalui model project based learning (PjBL) berbantu media Padlet terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimen Design) dengan bentuk non-equivalent control group. Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen mencapai 0,70 dengan kategori tinggi menunjukan keberhasilan proses pembelajaran melalui model project based learning berbantu padlet. Perolehan skor terbaik di kelas eksperimen, yaitu pada indikator Flexibility (memberikan macam-macam penafsiran terhadap suatu gambar) dengan nilai N-Gain 0,88. Sedangkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Penyumbang nilai N-Gain terbesar kelas kontrol yaitu pada indikator elaboration (melakukan langkah-langkah terperinci) sebesar 0,80. Hal tersebut menunjukan kedua kelas memiliki peningkatan keterampilan berpikir kreatif, akan tetapi peningkatan yang lebih besar terdapat pada kelas eksperimen karena penggunaan media padlet yang memberikan daya tarik tersendiri bagi siswa. Tahapan pembelajaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketelitian kegigihan dan pencarian informasi secara mandiri. Hasil uji Paired Sample T-test yaitu 0,001 < 0,05 (H0 diterima), artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbantu padlet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada kingdom plantae.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kreatif; Kingdom Plantae; Model PjBL; Padlet |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rizka Nurwati Yanuar |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:35 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74619 |
Actions (login required)
View Item |