Pengembangan modul Guided Inquiry Integrated Augmented Reality (M-GIIAR) untuk meningkatkan keterampilan proses Sains peserta didik pada materi Gelombang Mekanik

Nindyatami, Zulfi (2023) Pengembangan modul Guided Inquiry Integrated Augmented Reality (M-GIIAR) untuk meningkatkan keterampilan proses Sains peserta didik pada materi Gelombang Mekanik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik semakin menurun. Bahan ajar yang menunjang KPS belum sepenuhnya diimplementasikan secara sempurna. Dibutuhkan bahan ajar terintegrasi teknologi yang menunjang KPS. Salah satunya adalah Modul Guided Inquiry terintegrasi Augmented Reality (M-GIIAR). Tujuan penelitian ini 1) Menganalisis validitas M-GIIAR 2) Mengidentifikasi keterlaksanaan M-GIIAR 3) Menganalisis peningkatan KPS setelah diterapkan M-GIIAR, 4) Mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran. Pendekatan penelitia dengan mix-method, metode pre-experiment desain one group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wanayasa, populasi kelas XI MIPA, dan sampel penelitian kelas XI MIPA 4 terdiri dari 30 peserta didik. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model ADDIE. Hasil penelitian 1) Validasi ahli media 85% dan ahli materi 80% kategori sangat layak. 2) Keterlaksanaan menggunakan AABTLT with SAS, diperoleh pertemuan pertama 83%, pertemuan kedua 86%, dan pertemuan ketiga 88% kategori rata-rata sangat baik dan efektif. 3) Pretest dan posttest dengan hasil peningkatan nilai N-Gain sebesar 0,65 kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan Wilcoxon sign rank menerima Ha, adanya peningkatan KPS menggunakan M-GIIAR pada materi gelombang mekanik. 4) Angket respon peserta didik diperoleh 70% kategori baik dan positif. Kesimpulan penelitian ini adalah M-GIIAR layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan KPS peserta didik pada materi gelombang mekanik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul; Keterampilan Proses Sains (KPS); Guided Inquiry; Augmented Reality (AR); Gelombang Mekanik.
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Technology, Applied Sciences
Accounting > Education, Research of Accounting
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Zulfi Nindyatami
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:56
Last Modified: 04 Sep 2023 00:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74624

Actions (login required)

View Item View Item