Pertumbuhan tanaman Sawi Pagoda (Brassica Narinosa L.) menggunakan komposisi media tanam Cocopeat dan Arang Sekam secara Hidroponik sistem Sumbu

Kurnia, Hana (2023) Pertumbuhan tanaman Sawi Pagoda (Brassica Narinosa L.) menggunakan komposisi media tanam Cocopeat dan Arang Sekam secara Hidroponik sistem Sumbu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Hidroponik dalam budidaya sayuran mampu menghasilkan tanaman dengan kualitas lebih unggul dan efisien dalam penggunaan lahan jika dibandingkan dengan metode konvensional. Penggunaan media tanam cocopeat dan arang sekam menjadi alternatif untuk memberikan lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan tanaman hidroponik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media tanam cocopeat dan arang sekam terhadap pertumbuhan sawi pagoda (Brassica narinosa L.). Penelitian dilaksanakan di Desa Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang dilaksanakan pada Bulan Maret – Bulan Mei 2023. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 taraf perlakuan dan 5 ulangan, yaitu P1 : 100% arang sekam, P2 : 75% arang sekam + 25% cocopeat, P3 : 50% arang sekam + 50% cocopeat, P4 : 25% arang sekam + 75% cocopeat, P5: 100% cocopeat. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), panjang daun (cm), lebar daun (cm) dan bobot segar tanaman (gram) yang kemudian dianalisis menggunakan uji one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan komposisi media tanam arang sekam dan cocopeat berpengaruh secara nyata terhadap parameter tinggi tanaman, namun tidak berpengaruh nyata pada parameter panjang daun, lebar daun, jumlah daun dan bobot tanaman. Perlakuan komposisi 100% cocopeat (P5) memberikan hasil terbaik diantara perlakuan yang diberikan dengan nilai rata-rata tinggi tanaman 11,26 cm, panjang daun 4,24 cm, lebar daun 4,63 cm, jumlah daun 29 helai, dan bobot tanaman 49,6 gram. Media tanam cocopeat mampu meningkatkan produktivitas tanaman karena memiliki sifat drainase dan retensi yang baik sehingga dapat meningkatkan ketersediaan air dan unsur hara yang diabsorbsi oleh tanaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Hanya diizinkan dosen pembimbing upload halaman awal
Uncontrolled Keywords: hidroponik; media tanam; sawi pagoda
Subjects: Biology
Physiology > Plants and Microorganisms Physiology
Technology, Applied Sciences
Garden Crops, Horticulture, Vegetables > Cooking Greens and Rhubarb
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Hana Kurnia Saripudin
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:07
Last Modified: 06 Sep 2023 07:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74675

Actions (login required)

View Item View Item