Metode dakwah digital rubin.id dalam penyajian kitab kuning : Analisis deskriptif terhadap kajian kitab tazkirrotuss sami melalui website rubin.id

Zaidan, Moch Dadan Niam (2023) Metode dakwah digital rubin.id dalam penyajian kitab kuning : Analisis deskriptif terhadap kajian kitab tazkirrotuss sami melalui website rubin.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, penyampaian pesan keislaman dalam berbagai bentuk muncul dalam realitas masyarakat, hal ini terjadi akibat adanya kemajuan teknologi yang mampu menjadi alat dalam menunjang berbagai kegiatan dakwah. Melihat peluang tersebut Rubin.id memanfaatkan website sebagai media pembinaan mahasiswa berbasis dunia digital guna memperluas penyebaran pesan keislaman pada seluruh kalangan. Maka dari itu perlu adanya metode dakwah yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kalangan mad’u melalui dunia digital. Penelitan ini mengungkapkan metode dakwah digital oleh Rubin.id. Fokus dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga, yakni untuk mengetahui: cara penyajian kitab tazkirrotuss sami melalui website rubin.id, karakteristik pesan dakwah dalam penyajian kitab tazkirrotuss sami serta penunjang dan penghambat rubin.id dalam menyajikan kitab tazkirrotuss sami. Penelitian ini menggunakan teori media baru yang diungkapkan oleh Nicholas Gane dan David Beer dalam membantu analisis hasil penelitian secara objektif dan menyeluruh. Pendekatan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif serta menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi dalam pengumpulan data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan hasil yakni: Pertama, cara penyajian kitab tazkirrotuss sami melalui website rubin.id, yang terdiri dari video simulasi majelis ta’lim dalam penyajian kitab, pola komunikasi satu arah ustadz Fadhil Al-Makky dalam menyajikan kitab tazkirrotuss sami, pola komunikasi interaktif pada kajian tazkirrotuss sami, design penyajian talkshow tazkirrotuss sami melalui website rubin.id. Kedua metode dakwah bil hikmah dalam penyajian kitab tazkirrotuss sami melalui website yang digunakan oleh rubin.id menggunakan beberapa indikator, diantaranya ialah hikmah santun dalam bersikap (hilm), berpikir mendalam (tafakkur), melakukan refleksi (bertadabbur) dan senantiasa adil dalam memutuskan serta progresif dalam kebenaran ( I’tibar), Ketiga ialah metode dakwah mauidza hasanah yang dapat dilihat dari penyampaian ustad Fadhil Al-makky dengan menggunakan tiga teknik diantaranya ialah tabsyir, wasiat dan juga kisah. Tiga temuan tersebut menjadikan metode dakwah digital rubin.id dalam menyajikan kitab tazkirrotus sami melalui website kepada seluruh kalangan mad’u.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah Digital; Rubin.Id; Penyajian Kitab Kuning
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mochammad dadan niam zaidan
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:47
Last Modified: 06 Sep 2023 04:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74690

Actions (login required)

View Item View Item