Pengaruh kinerja guru bimbingan dan konseling terhadap perkembangan moral peserta didik: Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sukabumi

A'lawiyyah, Iklimah (2023) Pengaruh kinerja guru bimbingan dan konseling terhadap perkembangan moral peserta didik: Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Madrasah merupakan wahana pendidikan bagi peserta didik untuk menuntut ilmu dan memberikan bimbingan yang baik dalam bidang pendidikan dan pekerjaan bagi remaja dengan harapan dapat menerima diri mereka dimasa sekarang dan pada masa yang akan datang. Madrasah merupakan lembaga peralihan mempersiapkan remaja dengan berbagai sosial dan nilai moral. Guru bimbingan dan konseling merupakan pihak yang membantu klien dalam proses konseling, berkaitan dengan kinerja guru BK yang dimaksud adalah layanan yang diberikan kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kinerja guru bimbingan dan konseling di MTsN se-Kabupaten Sukabumi, 2) mengalalisis perkembangan moral peserta didik di MTsN se-Kabupaten Sukabumi, 3) untuk mengetahui pengaruh kinerja guru BK terhadap perkembangan moral peserta didik di MTsN se-Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto yaitu perubahan sebab akibat yang tidak dapat dimanipulasi atau tidak diberi pengaruh oleh peneliti. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik random sampling di mana seluruh populasinya diberikan peluang yang sama guna dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket/kuesioner. Selain itu menggunakan teknik wawancara dengan guru Bk dan dokumentasi sebagai tambahan informasi untuk mendukung penelitian ini. Berdasarkan pengolahan data menggunakan SPSS 26 hasil pengujian statistik uji T, diperoleh nilai thitung sebesar 7,893 dan ttabel sebesar 2,202 dan signifikansi sebesar 0,000 dengan kriteria pengujian jika Thitung > Ttabel, maka Ho ditolak dan jika signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak Ha. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru bimbingan dan konseling terhadap perkembangan moral peserta didik. Perhitungan koefisien determinasi diketahui pengaruh kinerja guru bimbingan dan konseling terhadap perkembangan moral peserta didik sebesar 40% sisanya 60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penuis teliti. Dari hasil perhitungan tersebut terdapat pengaruh antara kinerja guru bimbingan dan konseling terhadap perkembangan moral peserta didik. Adapun kinerja guru bimbingan dan konseling dalam menopang perubahan moral peserta didik sudah cukup baik, dapat dilihat dari usaha-usaha yang dilakukan dengan cara membuat AKPD (angket kebutuhan peserta didik), membuat assessment, mensosialisasikan peraturan sekolah, merancang program layanan BK sesuai dengan kebutuhan siswa, melaksanakan layanan bimbingan dan konseling. Namun secara keseluruhan kurang maksimal dikarenakan masih kurangnya tenaga guru BK yang mempuni.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru BK;perkembangan moral;peserta didik
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iklimah A'lawiyyah
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:12
Last Modified: 04 Sep 2023 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74754

Actions (login required)

View Item View Item