Perbandingan senyawa fitokimia, kadar flavonoid total dan aktivitas antibakteri bawang putih (Allium sativum L.) dan bawang hitam terhadap Streptococcus sanguinis

Aprianti, Herlin (2023) Perbandingan senyawa fitokimia, kadar flavonoid total dan aktivitas antibakteri bawang putih (Allium sativum L.) dan bawang hitam terhadap Streptococcus sanguinis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)

Abstract

Bawang putih merupakan salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan maupun sebagai alternatif pengobatan tradisional. Salah satu pengolahan terbaru dan belum banyak diketahui oleh masyarakat yaitu bawang hitam atau black garlic. Bawang hitam merupakan produk olahan bawang putih yang dibuat dengan cara dipanaskan pada suhu dan kelembaban tertentu hingga menjadi hitam, lunak, serta memiliki aroma dan rasa yang tidak terlalu menyengat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan membandingkan kandungan senyawa fitokimia, flavonoid total, serta aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus sanguinis antara bawang putih dan bawang hitam. Ekstraksi bawang putih dan bawang hitam dilakukan dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Analisis kandungan senyawa fitokimia dilakukan dengan reaksi warna terhadap senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, steroid, dan terpenoid. Analisis flavonoid total dilakukan dengan spektrofotometri UV-Vis dengan AlCl3 pada panjang gelombang 418 nm. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa ekstrak bawang putih dan bawang hitam mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin. Kadar flavonoid total ekstrak bawang putih sebesar 0,2976 mgQE/g, sedangkan ekstrak bawang hitam sebesar 0,7676 mgQE/g. Hasil aktivitas antibakteri bawang putih menghasilkan diameter hambat sebesar 6,00 mm, sedangkan ekstrak bawang hitam sebesar 8,89 mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: antibakteri; bawang putih; bawang hitam; flavonoid total; Streptococcus sanguinis
Subjects: Organic Chemistry
Pharmacology and Therapeutics > Medical Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Herlin Aprianti
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:38
Last Modified: 04 Sep 2023 03:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74756

Actions (login required)

View Item View Item