Pengaruh Organizational Commitment terhadap Employee Performance dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai Variabel Intervening : Studi pada PT. Arla Foods Indonesia

Marshanda, Salsabila (2023) Pengaruh Organizational Commitment terhadap Employee Performance dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai Variabel Intervening : Studi pada PT. Arla Foods Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bndung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena cukup tingginya turn over yang dimiliki PT. Arla foods Indonesia yang menyebabkan mudahnya para pegawai untuk berpindah-pindah tempat kerja, menandakan masih kurangnya komitmen yang diberikan karyawan terhadap organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi variabel Organizational Citizenship Behavior dalam pengaruh Organizational Commitment terhadap Employee Performance Studi pada Karyawan PT. Arla Foods Indonesia. Dalam penelitian ini, variabel independen yang digunakan terdiri dari Organizational Commitment sedangkan untuk variabel dependen adalah Employee Performance dan untuk variabel Intervening yang digunakan yaitu Organizational Citizenship Behavior. Dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh (exhaustive sampling). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 dari total populasi 40 karyawan PT. Arla Foods Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, wawancara dan kuesioner. Pengujian untuk analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, uji path analysis, uji sobel,. Pengujian dibantu menggunakan aplikasi SPSS Statistics versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Organizational Commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Performance dengan nilai t hitung > t tabel (5,518 > 0,3120) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Organizational Commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan nilai t hitung > t tabel (2,547 > 0,3120) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Organizational Citizenship Behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Performance dengan nilai thitung > ttabel (9,28 3> 0,3120) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (4) Organizational Citizenship Behavior dapat memediasi secara parsial (partial mediation) pada pengaruh Organizational Commitment terhadap Employee Performance, disebabkan nilai koefisien X terhadap Y berkurang setelah dimasukkan variabel Z. Variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Organizational Commitment dengan nilai t hitung (3,126) > t tabel (0,3120) pada taraf signifikansi 0,00 < 0,05 dan variabel Organizational Citizenship Behavior memiliki t hitung (5,431) > (0,3120) dan dengan hasil uji sobel (2,472).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Organizational Commitment; Employee Performance; Organizational Citizenship Behavior.
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Salsabila Marshanda
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:43
Last Modified: 04 Sep 2023 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74776

Actions (login required)

View Item View Item