Pengembangan modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan

Maesaroh, Santi (2020) Pengembangan modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)

Abstract

Modul memiliki peranan penting untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal. Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang di dalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul, menguji tingkat validasi modul, mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul berbasis CTL, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Bustanul Wildan Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Berdasarkan data uji coba kevalidan modul memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata 3,4, untuk uji coba kepraktisan modul diperoleh skor rata-rata 3,26 yang termasuk kategori positif dan setelah uji coba keefektifan modul memenuhi kategori efektif untuk digunakan dengan perolehan skor 85 %. Hasil ini mengindentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Modul; Contextual Teaching and Learning(CTL), Hasil Belajar; Sistem Pencernaan;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hawwa Nurbani Yazid
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:46
Last Modified: 04 Sep 2023 06:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74823

Actions (login required)

View Item View Item