Pengaruh Bimbingan Keagamaan melalui Kegiatan Keputrian terhadap Pribadi Muslimah Peserta Didik: Penelitian di SMK 2 LPPM RI Majalaya Kab. Bandung

Hanifah, Siti Nur (2023) Pengaruh Bimbingan Keagamaan melalui Kegiatan Keputrian terhadap Pribadi Muslimah Peserta Didik: Penelitian di SMK 2 LPPM RI Majalaya Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMK 2 LPPM RI Majalaya terdapat sebuah kegiatan keputrian yang diselenggarakan setiap satu minggu dua kali yaitu hari Selasa dan Jum’at. Kegiatan keputrian ini memiliki tujuan untuk membina akhlak para siswi, mengarahkan serta memberikan pemahaman mendalam mengenai hak dan kewajiban seorang muslimah. Antusias para siswi dalam mengikuti kegiatan keputrian tersebut cukup baik, namun di sisi lain masih terdapat siswi yang belum optimal dalam hal kesadarannya sebagai seorang muslimah. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti kegiatan keputrian pengaruhnya terhadap pribadi muslimah peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan bimbingan keagamaan melalui kegiatan keputrian di SMK 2 LPPM RI Majalaya; 2) Proses pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui kegiatan keputrian di SMK 2 LPPM RI Majalaya; 3) Evaluasi bimbingan keagamaan melalui kegiatan keputrian di SMK 2 LPPM RI Majalaya; 4) Dampak bimbingan keagamaan melalui kegiatan keputrian terhadap pribadi muslimah peserta didik di SMK 2 LPPM RI Majalaya. Berdasarkan teori yang ada, bimbingan keagamaan yang dilaksanakan akan berdampak pada perilaku seseorang. Terkhusus bimbingan keagamaan melalui kegiatan keputrian diasumsikan berdampak terhadap pribadi muslimah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui; observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah; reduksi data, penyimpulan dan verifikasi meliputi perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pemeriksaan sejawat dan simpulan bersama, serta analisis parsial dan uji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan bimbingan keagamaan melalui kegiatan keputrian diantaranya; menentukan jadwal pelaksanaan kegiatan keputrian, membuat pembagian kelas, menyiapkan absensi untuk kegiatan keputrian, menentukan pemateri kegiatan keputrian serta menyusun bentuk evaluasi. 2) Proses pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui kegiatan keputrian mencakup; waktu pelaksanaan kegiatan keputrian, materi yang disampaikan, metode yang digunakan, serta absensi dan sanksi. 3) Evaluasi yang dilakukan terdapat dua macam yaitu evaluasi terhadap peserta didik dengan cara non-test melalui pengamatan secara langsung dan wawancara dengan para siswi, serta evaluasi program yang dilakukan setiap tri wulan atau per semester. 4) Dampak bimbingan keagamaan melalui kegiatan keputrian terhadap pribadi muslimah peserta didik di SMK 2 LPPM RI Majalaya termasuk ke dalam kategori tinggi dengan perolehan rata-rata 4,12 karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Perhitungan uji normalitas diperoleh hasil Skor Xhitung (9,33) < Xtabel (16,91) maka data bimbingan keagamaan melalui kegiatan keputrian terhadap pribadi muslimah peserta didik berdistribusi normal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Kegiatan Keputrian; Pribadi Muslimah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI NUR HANIFAH
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:58
Last Modified: 11 Sep 2023 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74865

Actions (login required)

View Item View Item