Implementasi PSAK no. 108 tentang Akuntansi Transaksi Asuransi Syariah pada asuransi Jiwa Syariah Al Amin Bandung

Rahmawan, Halawatul Fauziah (2023) Implementasi PSAK no. 108 tentang Akuntansi Transaksi Asuransi Syariah pada asuransi Jiwa Syariah Al Amin Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya perusahaan asuransi syariah yang dalam praktiknya belum sepenuhnya mengimplementasikan PSAK No. 108 tentang akuntansi transaksi asuransi syariah. Hal ini tentunya menjadi indikator penting, karena entitas asuransi syariah diharuskan untuk mengikuti pedoman PSAK No. 108 tentang akuntansi transaksi asuransi syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi PSAK No. 108 tentang akuntansi transaksi asuransi syariah pada Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Bandung. Selain dari itu tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana mekanisme asuransi jiwa syariah serta untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses akuntansi syariah pada Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Bandung. Industri asuransi syariah dalam menjalankan operasionalnya harus mengimplementasikan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) nomor 108 tentang akuntansi transaksi asuransi syariah. Dengan mengimplementasikan PSAK No. 108 perusahaan asuransi syariah dapat memastikan bahwa transaksi asuransi syariah dicatat dan dilaporkan dengan benar serta memenuhi standar akuntansi yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi untuk analisis deskriptif, dan dokumentasi dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Mekanisme asuransi syariah pada Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Bandung sudah berjalan dengan baik sesuai dengan kebijakan perusahaan dan tetap diawasi oleh dewas pengawas syariah dalam menjalankan operasionalnya. 2) Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Bandung secara garis besar sudah mengimplementasikan PSAK No. 108. Terbukti dari proses akuntansinya yang meliputi pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan yang dijalankan sudah sesuai dengan PSAK No. 108. Namun ada beberapa aspek dalam pengungkapan dan penyajian yang belum sesuai dengan PSAK No. 108.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 108;Asuransi Syariah;Dana Tabarru';Asuransi Jiwa Syariah
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Halawatul Fauziah Rahmawan
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:33
Last Modified: 04 Sep 2023 07:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74910

Actions (login required)

View Item View Item