Pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja karyawan wanita dengan stress kerja sebagai variabel Mediasi: Studi pada karyawan Perum Jasa Tirta II Purwakarta

Zebedeus, Salsabila Anisa Rahmidewi (2023) Pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja karyawan wanita dengan stress kerja sebagai variabel Mediasi: Studi pada karyawan Perum Jasa Tirta II Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya ilmu dan teknologi dengan pesat, membuat wanita ikut menjadi tenaga kerja dalam beragam kegiatan yang selaras dengan peran yang didukung oleh keahlian serta pendidikan yang didapat. Peran ganda wanita sebagai wanita bekerja maupun ibu rumah tangga memerlukan upaya ektra untuk memenuhi kedua tugas dengan sukses dan seimbang. Konflik kedua peran apabila diabaikan dan tidak diatasi secara tepat dapat menimbulkan konflik peran ganda. Konflik peran ganda perlu dipertimbangkan sebagai sumber terjadinya stress di tempat kerja karena apabila tidak segera diatasi akan berdampak pada kinerja karyawan wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja wanita, pengaruh konflik peran ganda terhadap stress kerja, pengaruh stress kerja terhadap kinerja, dan pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja karyawan melalui stress kerja sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik purposive sampling, berdasarkan kriteria yang ditetapkan peneliti yaitu pegawai wanita Perum Jasa Tirta II Purwakarta sebanyak 118 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji path analysis, dan uji sobel dengan menggunakan program spss versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik peran ganda berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan t_hitung (2.655) > t_tabel (1,980) pada taraf signifikansi 0,009 < 0,05. Konflik peran ganda berpengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja dibuktikan dengan t_hitung (10.111) > t_tabel (1,980) pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Stress Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan t_hitung (2.395) > t_tabel (1,980) pada taraf signifikansi 0,018 < 0,05. Stress kerja memediasi secara sempurna pengaruh konflik peran ganda terhadap kinerja dibuktikan dengan konflik peran ganda memiliki t_hitung (1.379) < t_tabel (1,980) pada taraf signifikansi 0,170 < 0,05. Dan untuk stress kerja memiliki t_hitung (0.809) < t_tabel (1,980) pada taraf signifikansi 0,420 > 0,05. Konflik peran ganda terhadap kinerja karyawan signifikan sebelum memasukan variable mediasi stress kerja dan kemudian memperoleh hasil yang tidak signifikan setelah memasukan variabel mediasi stress kerja kedalam model persamaan regresi. Hasil pengujian uji sobel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung Konflik Peran Ganda terhadap Kinerja Karyawan melalui Stress Kerja dengan hasil sebesar 2,33.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konflik Peran Ganda; Stress Kerja; Kinerja Karyawan
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Salsabila Anisa Rahmidewi Zebedeus
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:07
Last Modified: 04 Sep 2023 08:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74930

Actions (login required)

View Item View Item