Komunitas Photosspeak sebagai sarana mahasiswa belajar menjadi Pewarta Foto : Studi deskriptif pada komunitas Photosspeak UIN Bandung

Yudistio, Disan (2023) Komunitas Photosspeak sebagai sarana mahasiswa belajar menjadi Pewarta Foto : Studi deskriptif pada komunitas Photosspeak UIN Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Photo’s Speak merupaka komunitas fotografi yang berfokus pada foto jurnalistik yang berada di bawah lembaga Kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Kegitan komunitas ini selain mempelajari seputar ilmu fotografi, kegiatan tersebut sebagai sarana belajar para anggotanya untuk menjadi pewarta foto. Penelitian ini menjelaskan bagaimana proses para anggota Photo’s Speak belajar dan mendalami ilmu Fotografi Jurnalistik di komunitas itu sehingga mampu meningkatkan kemampuan serta kualitas mereka sebagai pewarta foto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegitan komunitas photo’s speak yang menjadi sarana belajar para anggotanya untuk menjadi pewarta foto melalui kegiatan jurnalistik. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengambilan metode ini memiliki tujuan untuk mendeskriptifkan, menggambarakan secara sistematis, faktual dan akurat, hubungan antara fenomena yang sedang diselidiki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara, observasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang Komunitas Photo’s Speak sebagai saranan mahasiswa belajar menjadi pewarta foto berdasarkan tiga proses, diantaranya: 1) Proses pencarian sumber isu dengna didukung oleh pengetahuannya tentang ilmu jurnalistik foto dan etika jurnalistik; 2) Proses pengelolaan foto berdasarkan kajian ilmu kewartawanan dan memenfaatkan media baru dengan kemajua teknologi hari ini; 3) Proses penyajian foto, Photo’s speak mempunyai peran dalam pemgembangan anggotanya dalam kegiatan jurnalistik sehingga dapat mengikuti sesuai kebutuhan zamannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pewarta Foto; Media Belajar; Photo’s Speak
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Disan Yudistio
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:44
Last Modified: 04 Sep 2023 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74937

Actions (login required)

View Item View Item