Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap izin usaha pengelolaan tambang timah : Studi kasus di Desa Sukamandi Kabupaten Belitung Timur

Afriani, Vivi (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap izin usaha pengelolaan tambang timah : Studi kasus di Desa Sukamandi Kabupaten Belitung Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan dan kekuatan finansial yang berbeda memaksa untuk saling membutuhkan satu sama lain, seperti yang terjadi di Desa Sukamandi Kabupaten Belitung Timur, yang rata-rata lahan di Desa tersebut terdapat banyak akan hasil timah, hal ini yang menjadikan masyarakat menambang timah secara ilegal di lahan desa tersebut, hal tersebut menjadi sesuatu yang lumrah bagi masyarakat setempat, karena hasil tambang timah yang lumayan dapat mencukupi kebutuhan hidup menjadi penyebab penambang melakukan tambang timah di wilayah penambangan rakyat tanpa surat izin. Dalam praktiknya pertambangan ini diduga tidak sesuai dengan aturan hukum islam, dimana akad kontrak perjanjiannya tidak sesuai dengan peraturan akad ijarah, dan dalam praktiknya penambang yang menambang di wilayah penambangan rakyat tanpa surat izin, bisa menjual hasil tambang timah nya ditempat yang tidak di tetapkan oleh pemerintah, sehingga pendapatan yang di dapat oleh penambang di wilayah tersebut bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar, dibandingkan dengan penambang yang sudah memiliki surat izin usaha penambangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan praktik izin usaha penambangan di Desa Sukamandi Kabupaten Belitung Timur tersebut dan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap izin usaha penambang di wilayah penambangan rakyat di Desa Sukamandi Kabupaten Belitung Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara secara langsung kepada para penambang dan pemerintah desa yang menjadi subjek dari penelitian ini, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, izin usaha pertambangan yang dilakukan oleh penambang timah di wilayah penambangan rakyat mengambil keuntungan atau penghasilan secara batil, dimana dalam pelaksanaan akad antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa tentang pemberian lahan ini hanya dilakukan secara lisan, dan penambang yang telah diberikan lahan tidak menepati janji untuk membuat surat izin usaha agar para penambang bisa menambang secara legal di wilayah penambangan rakyat sehingga hal tersebut mengakibatkan wanprestai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tinjauan hukum ekonomi syariah; perizinan; tambang
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Aspek Fikih Lainnya
Administration of Economy > Departments of Mining
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Vivi Afriani
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:54
Last Modified: 07 Sep 2023 07:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74960

Actions (login required)

View Item View Item