Implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 pada akuntansi zakat dan infak/sedekah di Baznas Kota Cimahi

Ilyas, Habib (2023) Implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 109 pada akuntansi zakat dan infak/sedekah di Baznas Kota Cimahi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Cimahi merupakan Badan Amil Zakat yang bergerak dalam pengelolaan dana zakat dan infak/sedekah. BAZ sebagai salah satu Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) memerlukan pencatatan akuntansi zakat dan infak/sedekah berdasarkan PSAK 109. Namun penerapan dilapangan masih belum maksimal. BAZNAS Kota Cimahi dalam penerapan akuntansi zakat dan infak/sedekah berdasarkan PSAK 109 masih belum menerapkan sepenuhnya dibagian pengakuan, pengukuran, pengungkapan dan juga masih belum membuat laporan perubahan aset kelolaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganilisis: 1) Mekanisme akuntansi zakat dan infak/sedekah pada BAZNAS Kota Cimahi, 2) Kesesuaian akuntansi zakat dan infak/sedekah pada BAZNAS Kota Cimahi berdasarkan PSAK 109, 3) Kendala yang dihadapi oleh BAZNAS Kota Cimahi dalam menerapkan PSAK 109. Akuntansi zakat dan infak/sedekah merupakan sebuah proses pencatatan, pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan transaksi yang berkaitan dengan pengelolaan dana zakat dan infak/sedekah yang diharapkan bisa menjadi landasan untuk standarisasi keseragaman (uniformity) dan keterbandingan (comparability) dalam pencatatan dan pelaporan keuangan yang dibuat oleh seluruh Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif dan data kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Fokus penelitian ini adalah pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan pengelolaan dana zakat dan infak/sedekah. Pada teknik pengambilan data penelitian dengan cara obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Mekanisme penerapan akuntansi zakat dan infak/sedekah sudah menggunakan aplikasi SIMBA 2) Kesesuaian akuntansi zakat dan infak/sedekah di BAZNAS Kota Cimahi berdasarkan PSAK 109 belum sepenuhnya sesuai pada pengakuan, pengukuran dan pengungkapan dan juga masih belum membuat laporan perubahan aset kelolaan 3) Kendala yang dihadapi BAZNAS Kota Cimahi dalam menerapkan keseluruhan PSAK 109 adalah dari kurangnya sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya dan adanya error sistem dari aplikasi SIMBA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK 109; Akuntansi ZIS; Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Habib Ilyas
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:54
Last Modified: 05 Sep 2023 07:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74981

Actions (login required)

View Item View Item