Karakterisasi permen jeli bunga Rosela (Hibiscus Sabdariffa) dengan bahan dasar gelatin dari sisik ikan nila (Oreochromis Niloticus)

Faris, Adham (2023) Karakterisasi permen jeli bunga Rosela (Hibiscus Sabdariffa) dengan bahan dasar gelatin dari sisik ikan nila (Oreochromis Niloticus). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Penggunaan gelatin banyak dimanfaatkan pada berbagai sektor industri pangan maupun non pangan seperti permen jeli. Namun, gelatin yang berasal dari bagian tubuh babi atau hewan halal yang disembelih tanpa mengucap nama Allah tidak dapat diterima dan digunakan umat islam karena hukumnya adalah haram. Sebagai alternatif, bahan baku pembuatan gelatin halal dapat berasal dari bagian tubuh hewan air seperti sisik ikan nila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik gelatin sisik ikan nila dan karakteristik permen jeli bunga rosela berbahan dasar gelatin dari sisik ikan nila. Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu konsentrasi gelatin hasil isolasi dari sisik ikan nila dengan rentang 10%, 15%, dan 20%. Adapun tahapan dalam penelitian ini dimulai dengan proses degreasing, demineralisasi, ekstraksi, pendinginan, pengeringan, pembuatan permen jeli, dan karakterisasi. Karakterisasi gelatin sisik ikan nila didasarkan pada SNI 01-3735-1995 sedangkan permen jeli bunga rosela didasarkan pada SNI 01-3547-1994. Hasil dari karakterisasi FTIR menunjukkan bahwa gelatin sisik ikan nila memiliki spektrum yang sama dengan gelatin komersil. Gelatin sisik ikan nila memiliki rendemen 7,43%, kadar air 10,61%, kadar abu 0,14%, dengan penampakan kristal abu. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi yang nyata antara konsentrasi gelatin dengan kadar air, organoleptik, dan aktivitas antioksidan dimana hasil terbaik didapat pada konsentrasi gelatin 10% dengan kadar air 56,46%, kadar abu 0,0244%, kadar gula pereduksi 12,57%, nilai organoleptik 3,41, dan aktivitas antioksidan 89,07%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: asam sitrat; bunga rosela; gelatin; permen jeli; sisik ikan.
Subjects: Chemistry and Allied Science > Chemists
Technology of Industrial Chemicals > Organic Chemicals
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Adham Faris Ahmad Taufiq
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:36
Last Modified: 05 Sep 2023 03:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75092

Actions (login required)

View Item View Item