Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen : Studi pada konsumen Hotel Arnawa di Pangandaran

Novianti, Sintia (2023) Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen : Studi pada konsumen Hotel Arnawa di Pangandaran. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya harga yang memiliki perbedaan dengan hotel lain yang memiliki fasilitas yang sama dan penetapan harga yang dapat berubah sesuai kondisi/musim dalam waktu tertentu, serta adanya kualitas pelayanan yang belum sesuai dengan yang diharapkan oleh konsumen dan belum sepenuhnya terpenuhi oleh pihak hotel, yang berdampak pada kepuasan konsumen Arnawa Hotel di Pangandaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh harga secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada konsumen Arnawa Hotel Pangandaran (2) pengaruh kualitas pelayanan secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada konsumen Arnawa Hotel Pangandaran (3) pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada konsumen Arnawa Hotel Pangandaran. Untuk variabel harga menggunakan teori dari Kotler dan Gary Amstrong (2012), untuk variabel kualitas pelayanan menggunakan teori dari Rambat Lupiyoadi (2019) dan untuk variabel kepuasan konsumen Zeithaml dan Bitner (2000). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non simple random sampling dengan metode purposive sampling. Dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji instrument data peneliti (uji validitas dan uji reabilitas), uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji statistik t (uji parsial) dan uji statistik f (uji simultan) dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Arnawa Hotel Pangandaran, ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel (3,686 > 1,661) dan nilai signifikannya (0,000 < 0,05). Kemudian Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Arnawa Hotel Pangandaran, ditunjukan dengan thitung > ttabel (9,452 > 1,661) dan nilai signifikannya (0,000 < 0,05). Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Arnawa Hotel Pangandaran ditunjukan dengan fhitung > ftabel (231,702 > 3,09) dan nilai signifikasi (0,000 < 0,05) nilai rsquasre adalah sebesar 83,3% dan sisanya tidak dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian ini sebesar 16,7% terhadap kepuasan konsumen Arnawa Hotel Pangandaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Harga; Kualitas; Pelayanan; Kepuasan; Konsumen.
Subjects: General Management
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sintia Novianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:41
Last Modified: 05 Sep 2023 03:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75118

Actions (login required)

View Item View Item