Analisis dan pengaruh fatwa Majelis Ulama Indonesia terhadap Cryptocurrency dalam penggunaan Cryptocurrency oleh generasi muslim Milenial

Ulpah, Siti Nurul (2023) Analisis dan pengaruh fatwa Majelis Ulama Indonesia terhadap Cryptocurrency dalam penggunaan Cryptocurrency oleh generasi muslim Milenial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi berjalan sangat pesat, salah satunya dalam bentuk transaksi jual beli telah berubah dari spesifik dan dimensional menjadi parsial dan multidimensi. Salah satunya adanya Alat pembayaran non tunai alat pembayaran dengan menggunakan uang virtual atau uang digital yang memudahkan dalam bertransaksi. Salah satunya adalah adanya cryptocurrency. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang cryptocurrency dan Pengaruh Fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang cryptocurrency terhadap generasi muslim milenial pengguna cryptocurrency. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method atau metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif sehingga dalam penyelesaiannya harus dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan kaidah, teori, dalil, wawancara dan kuisioner supaya hasil kesimpulan penelitian relevan dengan penelitian serta studi kepustakaan dilakukan dengan menelusuri berbagai literatur, baik berupa buku, Al-Qur’an, Hadits, Jurnal serta website yang berhubungan dengan tema penelitian. Adanya cryptocurrency menjadi fenomena di masyarakat sebagai manifestasi dari perkembangan teknologi dalam kegiatan jual beli secara elektronik. Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa tentang penggunaan cryptocurrency. fatwa tersebut berisi tentang ketentuan, dasar hukum, dan aturan cryptocurrency. Faktanya dari fatwa tersebut belum banyak diperhatikan terkhusus oleh genrasi milenial sehingga mereka tetap saja menjalankan usaha atau bisnis yang berhubungan dengan mata uang cryptocurrency. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan mata uang kripto sebagai mata uang itu hukumnya haram karena melanggar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011. Cryptocurrency digunakan, sebagai komoditas/aset digital, termasuk gharaar, dharaar, qimaar, tidak memenuhi persyaratan syar`i dan tidak diperdagangkan secara legal, kemudian adanya fatwa MUI tentang cryptocurrency menunjukan bahwa fatwa MUI berpengaruh terhadap generasi muslim milenial yang menggunakan cryptocurrency dan cryptocurrency berpengaruh terhadap generasi muslim milenial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fatwa Majelis Ulama Indonesia; Cryptocurrency; Generasi Muslim Milenial
Subjects: Islam > Muslim
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Siti Nurul Ulpah
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:05
Last Modified: 05 Sep 2023 06:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75127

Actions (login required)

View Item View Item