Penafsiran ayat dakwah dalam tafsir pedoman Muttaqin karya Dr. Abdul Hayie

Madihi, Irfan Danial Bin (2023) Penafsiran ayat dakwah dalam tafsir pedoman Muttaqin karya Dr. Abdul Hayie. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Panggilan untuk berjalan di jalan yang benar untuk mendapatkan keridhaan Allah dikenal sebagai dakwah. Dakwah, di sisi lain, berbeda dengan haq dan bathil karena dakwah terdiri dari ceramah agama yang mengajarkan orang bagaimana menjalani hidup sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan Allah dan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Hal ini berbeda dengan praktik haq dan bathil. Istilah "Penelitian Kepustakaan" juga digunakan untuk merujuk pada penelitian ini, yang merupakan pemeriksaan komprehensif dari penelitian sebelumnya yang relevan. Hal ini, mengacu pada proses pencarian bahan referensi seperti mengutip dan mempelajari dari buku yang ditulis oleh Dr. Selain itu, publikasi informatif yang terkait dengan subjek penelitian ini juga digunakan. Hal ini, mengacu pada proses pencarian bahan referensi. Dalam proses investigasi ini, sumber informasi primer dan sekunder dikonsultasikan untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan. Salah satu sumber utama penulis untuk bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab Tafsir, yaitu Tafsir Pedoman Muttaqin yang ditulis oleh Dr. Sumber data sekunder digunakan untuk mendukung penelitian ini dan dapat berupa teks-teks tertulis seperti buku, tesis, jurnal, dokumen, makalah, atau sumber-sumber lain yang relevan dengan penelitian penulis yang membahas tentang dakwah. Penulis juga dapat menggunakan sumber-sumber gagasan lain yang relevan dengan penelitiannya yang membahas tentang dakwah. Abdul Hayie meyakini bahwa dakwah adalah komponen penting dalam kehidupan semua orang yang menganut suatu agama. Dakwah merupakan tanggung jawab yang dibebankan oleh agama kepada para pemeluknya, baik yang telah memeluknya maupun yang belum memeluknya, sesuai dengan ajaran agama Islam. Menurut Dr. Abdul Hayie dalam tafsirnya, yang berjudul Tafsir Pedoman Muttaqin, teknik dakwah adalah seruan atau ajakan kepada keinsyafan atau usaha mengubah situasi ke arah yang lebih baik dan sempurna, baik terhadap pribadi-pribadi maupun terhadap masyarakat secara keseluruhan. Karena hampir semua kegiatan atau perbuatan tidak terlepas dari strategi, maka pengertian dakwah tidak akan terwujud tanpa adanya rencana, dan Dr. Abdul Hayie menerapkan strateginya ketika berdakwah. Dakwah Bil Hal dan Dakwah Bil Lisan adalah dua dari sekian banyak taktik yang digunakan oleh Dr. Menurut Dr. Abdul Hayie, teknik-teknik dakwah menggunakan tiga cara dalam berdakwah, yaitu Al-Hikmah, Mau'izah, dan Mujadalah. Inilah metode-metode dakwah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tafsir Pedoman Muttaqin; Metode Dakwah; Al-Quran ;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Irfan Danial Madihi
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:38
Last Modified: 05 Sep 2023 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75137

Actions (login required)

View Item View Item