Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan sub sektor pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2022

Nurhasanah, Nina (2023) Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan sub sektor pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh variabel Total Assets Turnover dan Working Capital Turnover yang nilainya berfluktuasi selama tujuh tahun. Naik turunnya nilai kedua variabel tersebut diduga akan mempengaruhi nilai dari variabel Net Profit Margin. Hal ini dikarenakan kedua variabel independent berkaitan dengan penjualan, sehingga ketika tingkat perputaran tinggi maka akan mempengaruhi juga tingkat keuntungan yang didapatkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial maupun secara simultan dari variabel Total Assets Turnover dan Working Capital Turnover terhadap variabel Net Profit Margin pada perusahaan sub sektor pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah sepuluh perusahaan yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling dari populasi sebanyak dua puluh empat perusahaan. Untuk memecahkan masalah yang terdapat pada penelitian yaitu menggunakan teknik analisis data panel dengan menggunakan software Eviews 12 dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa annual report perusahaan sub sektor pertambangan batu bara dari periode 2016-2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Total Assets Turnover secara parsial memiliki pengaruh dan signifikan terhadap variabel Net Profit Margin, dibuktikan dengan nilai probabilitasnya sebesar 0,0385. Variabel Working Capital Turnover secara parsial tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel Net Profit Margin, dibuktikan dengan nilai probabilitasnya sebesar 0,8472. Sedangkan secara simultan variabel Total Assets Turnover dan Working Capital Turnover tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel Net Profit Margin dengan diperolehnya nilai Fhitung = 2,302290 dan Ftabel = 3,14, maka nilai Fhitung < Ftabel dan nilai probabilitasnya 0,107892. Untuk nilai dari koefisien determinasi (R-square) sebesar 0,064306 atau 6,43% yang berarti kedua variabel independent memiliki hubungan yang sangat lemah terhadap variabel dependent dan sisanya sebesar 93,57% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Assets Turnover; Working Capital Turnover; Net Profit Margin
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nina Nurhasanah
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:21
Last Modified: 05 Sep 2023 06:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75152

Actions (login required)

View Item View Item