Pengaruh Fee Audit dan Audit Tenure terhadap kualitas audit pada perusahaan yang terdaftar di Indeks IDX-MES BUMN Periode 2020-2022

Astriani, Kamela (2023) Pengaruh Fee Audit dan Audit Tenure terhadap kualitas audit pada perusahaan yang terdaftar di Indeks IDX-MES BUMN Periode 2020-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kasus pelanggaran yang terjadi dalam sistem akuntansi klien yang dilaporkan dalam laporan keuangan oleh auditor dan terdapat perbedaan setiap tahunya dalam pemberian professional fee oleh perusahaan. Kualitas audit merupakan segala kemungkinan ketika auditor dalam mengaudit laporan keuangan klien dapat menemukan pelanggaran atau kecurangan yang terjadi dalam setiap pelaporannya dimana dalam melaksanakan tugasnya auditor berpedoman pada standar auditing dan kode etik akutan publik yang relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengalisis 1) pengaruh fee audit secara parsial terhadap kualitas audit, 2) pengaruh audit tenure secara parsial terhadap kualitas audit, 3) pengaruh fee audit dan audit tenure secara simultan terhadap kualitas audit. Kualitas audit diukur dengan menggunakan variabel dummy dengan menggunakan kelompok auditor KAP BIG Four dan KAP Non Big Four, fee audit diukur dengan Ln (Logatitma natural) dan audit tenure diukur dengan menghitung jumlah tahun dimana auditor yang sama dalam melakukan perikatan terhadap klien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan data yang diolah merupakan laporan keuangan tahunan dari lima belas perusahaan yaitu Aneka Tambang Tbk, Bank Syariah Indonesia Tbk, Elnusa Tbk, Kimia Farma Tbk, Perusahaan Gas Negara Tbk, PP Presisi Tbk, Bukit Asam Tbk, PP (Persero) Tbk, Semen Baturaja (Persero) Tbk, Semen Indonesia (Persero) Tbk, Timah Tbk, Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk, Wijaya Karya (Persero), dan Wijaya Karya Brton Tbk. Adapun Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) nilai signifikansi fee audit sebesar 0.001 sehingga fee audit secara parsial berpengaruh terhadap kualitas audit dengan koefisien determinasi menunjukan nilai nagelkerke R square sebesar 82.1%, 2) nilai signifikansi audit tenure 0.887 sehingga audit tenure secara parsial tidak berpengaruh terhadap kualitoas audit dengan koefisien determinasi menunjukan nilai nagelkerke R square sebesar 3,2%, dan 3) nilai signifikansi fee audit dan audit tenure sebesar 0.000 sehingga fee audit dan audit tenure secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan koefisien determinasi menunjukan nilai nagelkerke R square secara simultan sebesar 82.1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fee Audit; Audit Tenure; Kualitas Audit
Subjects: Accounting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Kamela Astriani
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:47
Last Modified: 05 Sep 2023 08:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75155

Actions (login required)

View Item View Item