Setiawati, Rahma (2023) Analisis fiqih muamalah terhadap praktik rekayasa pasar di toko online Habibi Grosir pada marketplace Shopee. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (866kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam membangun sebuah bisnis, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu bersihnya sebuah bisnis dari penipuan, baik mengenai kualitas, kuantitas barang yang diperjualbelikan maupun cara untuk mencari pelanggan. Fiqih Muamalah adalah semua hal yang berkaitan dengan fiqih menyangkut transaksi ekonomi, termasuk juga prinsip-prinsip yang ada di dalamnya. Rekayasa pasar adalah tindakan menciptakan permintaan palsu seolah-olah ada banyak permintaan terhadap suatu produk, sehingga harga jual produk akan naik. Pemilik toko mengalami sedikit kesulitan karena masyarakat belum mengetahui username Habibi Grosir yang berada di Shopee sehingga pemilik toko menggunakan jalan pintas dengan cara menggunakan jasa iklan tak berbayar, yaitu dengan cara owner berpura-pura membeli produknya sendiri dengan menggunakan akun adiknya sendiri untuk memberikan komentar/ulasan positif, rating, dan menaikkan produk yang ia pasarkan lewat marketplace tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui seperti apa praktik Rekayasa Pasar yang dilakukan oleh owner Habibi Grosir pada Marketplace Shopee dan bagaimana analisis fiqih muamalah mengenai Jual Beli yang dilakukan oleh Habibi Grosir pada Marketplace Shopee. Fikih Muamalah adalah aturan-aturan (hukum) Allah SWT, yang ditunjukan untuk mengatur kehidupan manusia dalam urusan keduniaan atau urusan yang berkaitan dengan urusan duniawi dan sosial kemasyarakatan. Rekayasa pasar adalah tindakan menciptakan permintaan palsu seolah-olah ada banyak permintaan terhadap suatu produk, sehingga harga jual produk akan naik. Islam jelas melarang jual beli dengan cara ini karena akan merugikan pembeli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi tentang analisis fiqih muamalah dan etika bisnis islam terhadap praktik rekayasa pasar pada marketplace shopee dan data sekunder diperoleh dari buku-buku referensi. Berdasarkan hasil penelitian di Toko Habibi Grosir bahwa praktik bai’ najasy yang dilakukan oleh pemilik toko Habibi Grosir ini melanggar prinsip fiqih muamalah, karena mengandung unsur tidak jujur yaitu melakukan orderan palsu untuk menaikkan rating pada toko Habibi Grosir. Selain itu juga melanggar etika bisnis syariah. Akan tetapi tidak mempengaruhi keabsahan transaksi-transaksi pada toko Habibi Grosir karena ketika ada konsumen yang membeli produk dan produk yang dibeli dikirim sesuai dengan yang dipesan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rekayasa pasar; bisnis; Shopee; |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam Law > Research and Statistical Methods of Law Law > Philosophy and Theory of Law |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Rahma Setiawati |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 10:44 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 10:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75156 |
Actions (login required)
View Item |