Tanggapan siswa terhadap kegiatan Jumat Berkarakter hubungannya dengan akhlak sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Aldi, Ujang (2023) Tanggapan siswa terhadap kegiatan Jumat Berkarakter hubungannya dengan akhlak sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Kemerosotan moral yang ada di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung terlihat dengan adanya kenakalan-kenakalan yang dilakukan. Pada masa usia remaja, siswa mempunyai kecenderungan yang besar untuk mencoba sesuatu, munculnya rasa ingin tahu dan butuhnya aktualisasi diri. Hal tersebut biasanya dilakukan secara negatif, seperti merokok, bolos, melanggar tata tertib sekolah, tidak sopan terhadap guru dan sesama teman, mencontek ketika ujian dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui tanggapan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung terhadap kegiatan Jumat berkarakter, 2) Untuk mengetahui akhlak siswa di kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung, 3) Untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap kegiatan Jumat berkarakter dengan akhlak sehari-hari kelas XI di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Penelitian ini bertolak belakang pada pemikiran bahwasanya akhlak positif pada siswa dapat terbentuk melalui kegiatan Jumat berkarakter di lingkungan sekolah. oleh karena itu hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap kegiatan Jumat berkarakter hubungannya dengan akhlak sehari-hari. Artinya semakin positif tanggapan siswa terhadap kegiatan Jumat berkarakter maka semakin positif akhlak sehari-hari. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Adapun alat pengumpulan data utama yang digunakan yaitu berupa angket. Sementara itu sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 siswa yang diambil dari kelas XI. Dan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis per indikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap kegiatan Jumat berkarakter di SMA Muhammadiyah 4 Kota bandung berkategori positif dengan rata-rata skor 3,84 dan terletak pada interval 3,40 – 4,19, 2) Realitas akhlak sehari-hari siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota bandung berkategori positif dengan rata-rata skor 3,63 dan terletak pada interval 3,40-4,19, 3) Hubungan antara kegiatan Jumat berkarakter hubungannya dengan akhlak sehari-hari berkategori sedang karena berada di interval 0,40 – 0,599 dengan nilai korelasi sebesar 0.510 atay 51 % dari nilai koefisien korelasi tersebut kemudian diinterpretasikan ke dalam drajat hubungan antara variabel X dan variable Y sehingga berkategori sedang. sementara itu pada analisis hipotesis diperoleh nilai korelasi sebesar thitung > ttabel, (1.909 > 1.689), maka dengan ini hipotesis diterima, yakni terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap kegiatan Jumat berkarakter hubunganya dengan akhlak sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kunci; Siswa; akhlak;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Aldi
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:33
Last Modified: 06 Sep 2023 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75251

Actions (login required)

View Item View Item