Hubungan religiusitas terhadap disiplin santri dalam perilaku keagamaan : Studi pada santri Pondok Pesantren Daar Assa Adatuddaroin Bekasi

Sari, Suci Indah (2023) Hubungan religiusitas terhadap disiplin santri dalam perilaku keagamaan : Studi pada santri Pondok Pesantren Daar Assa Adatuddaroin Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar studi dan kasus yang sering terjadi di pondok pesantren untuk mencari data tentang bagaimana hubungan religiusitas terhadap disiplin santri dalam perilaku keagamannya. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Lembaga pondok pesantren Daar Assa Adatuddaroin Bekasi. Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif dengan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah menemukan korelasi serta relevansi antara sikap religiusitas terhadap disiplin santri yang terdapat di pondok pesantren Daar Assa Adatuddaroin Bekasi. Jenis pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan sosiologi agama, dengan menggunakan teori lima dimensi religiusitas milik glock and William starck untuk menghubungkan serta dicari nilai relevansinya antara religiusitas terhadap disiplin santri. Adapun hasil dan pembahasan dari penelitian ini menunjukan bahwa santri pondok pesantren Daar Assa Adatuddaroin Bekasi memiliki nilai serta sikap religiusitas yang tinggi Hubungan, manfaat serta pengaruh religiusitas tersebut terhadap perilaku disiplinnya sungguh signifikan dimana mereka dapat menginmplemetasikan nilai lima dimensi religiusitas tersebut kepada dirinya juga individu sekitarnya, paham kewajiban sebagai seorang muslim juga tersadar bahwa hidup perlu saling membantu dan tolong menolong antar sesama. Sikap tersebut memberikan manfaat kepada dirinya bahwa menjadi religious tidakah mudah perlu diimbangi dengan konsistensi walaupun berada dilingkungan pondok pesantren, manfaat untuk sesama bahwa hidup mengajarkan untuk saling tolong menolong, pengaruh sikap religiusitas terhadap disiplin santri ditinjau dari perilaku keagamaannya memberikan dampak yang positif untuk setiap individu, semakin religious seseorang semakin tinggi rasa empati, disiplin dan simpatinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: religiusitas; santri; disiplin; perilaku keagamaan
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Culture and Institutions
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: suci indah sari
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:05
Last Modified: 06 Sep 2023 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75268

Actions (login required)

View Item View Item