Korelasi Shalat dengan ketakwaan seorang Muslim menurut ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di dalam tafsir Taisir Al-Karīm Al-Rahmān Fī Tafsīr Al-Kalām Al-Mannān : Telaah ayat-ayat mengenai Substansi Shalat dalam Al-Qur’an

Yusuf, Anfal Muhammad (2023) Korelasi Shalat dengan ketakwaan seorang Muslim menurut ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di dalam tafsir Taisir Al-Karīm Al-Rahmān Fī Tafsīr Al-Kalām Al-Mannān : Telaah ayat-ayat mengenai Substansi Shalat dalam Al-Qur’an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB Iv)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada manusia pada zaman ini dimana banyak yang mengaku beragama Islam tetapi jarang atau bahkan tidak melaksanakan shalat. Lalu ada sebagian dari orang muslim yang melaksanakan shalat akan tetapi perilaku sehari-harinya masih tidak mencerminkan seorang muslim yang bertakwa. Pada faktanya, banyak dari umat muslim yang senantiasa melaksanakan shalat belum terjamin akhlaknya akan terpuji dan bertakwa kepada Allah SWT. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian kepustakaan (library research) dengan menggunakan data primer Kitab Tafsir Taisir Al-Karīm Al-Rahmān Fī Tafsīr Al-Kalām Al-Mannān yang ditulis oleh Syaikh ‘Abdurrahman Bin Nashir As-Sa’di. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif-analisis dengan menganalisis tentang ayat-ayat substansi shalat dan memaparkan korelasinya dengan ketakwaan seorang muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami penafsiran ayat-ayat shalat menurut Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di dan mengetahui apa korelasi shalat dengan ketakwaan seorang Muslim menurut Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di. Hasil penelitian yang didapatkan menyatakan bahwa korelasi shalat dengan ketakwaan seorang muslim dapat dilihat dari ayat-ayat substansi shalat dalam Q.S Al-Baqarah: 45; 153; 238, Q.S. Ruum: 31, Q.S. Al-Ankabut: 45 shalat sebagai pencegah dari perbuatan keji dan mungkar, Q.S. Al-Anfal: 3, Q.S. Hud: 114 shalat sebagai jalan mendapatkan ampunan dan rahmat Allah, Q.S. Thaa haa: 14, Q.S. Al-Ankabut: 45 shalat sebagai jalan mengingat Allah (dzikrullah), Q.S. Al-Baqarah: 3, Q.S. Thaa Haa: 132, Q.S. Luqman: 4 shalat sebagai jalan mendapatkan kenikmatan dan keberuntungan, dan Q.S Al-Nisa: 103, Q.S. Al-Naml: 3 shalat sebagai barometer keimanan. Sehingga dengan beberapa substansi shalat diatas dapat menjadikan seorang muslim yang bukan hanya rajin dan tekun dalam melaksanakan shalat, melainkan shalatnya akan berpengaruh terhadap ketakwaanya kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Shalat; Takwa; Tafsir As-Sa'di
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Anfal Muhammad Yusuf
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:34
Last Modified: 06 Sep 2023 06:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75279

Actions (login required)

View Item View Item