Takhrij dan Syarah Hadis tentang Sabar dalam menghadapi musibah pada kitab Minhājul Muslim karya Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi: Bab Akhlāq pasal Fī Khalqi aṣ-Ṣabr

Ridlo, Muhammad Abdurrasyid (2023) Takhrij dan Syarah Hadis tentang Sabar dalam menghadapi musibah pada kitab Minhājul Muslim karya Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi: Bab Akhlāq pasal Fī Khalqi aṣ-Ṣabr. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap takhrij dan syarah hadis tentang sabar dalam menghadapi musibah pada kitab Minhājul Muslim karya Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi. Karena, dalam kitab Minhājul Muslim ini banyak mengutip hadis Nabi Saw, tapi tidak mencantumkan sanad hadis secara lengkap. Demikian, keadaan perawi hadis yang ṡiqah sangat menentukan kualitas hadis dari segi sanad dan matan. Sehingga berdasarkan latar belakang masalah tersebut, terdapat rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana takhrij hadis tentang sabar dalam menghadapi musibah menurut Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi pada kitab Minhājul Muslim? (2) Bagaimana penjelasan para ulama dalam kitab syarah hadis mengenai hadis tentang sabar dalam menghadapi musibah pada kitab Minhājul Muslim? Untuk menjawab rumusan masalah di atas, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode takhrij hadis dan syarah hadis tahlili. Adapun sumber primer dalam penelitian adalah Kitab Minhājul Muslim karya Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi bab Akhlāq pasal Fī Khalqi aṣ-Ṣabr yang membahas mengenai sabar dalam menghadapi musibah serta Kutub al-Tis’ah dan kitab syarah hadis sebagai sumber sekunder. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah terdapat takhrij dan syarah hadis tentang sabar dalam menghadapi musibah pada kitab Minhājul Muslim karya Abu Bakar Jabir Al-Jazairi bab akhlāq pasal Fī Khalqi aṣ-Ṣabr. Dari segi kualitas, hadis yang dinukil oleh Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi pada bahasan sabar dalam menghadapi musibah pada kitab Minhājul Muslim bab Akhlāq pasal Fī Khalqi aṣ-Ṣabr mayoritas berkualitas ṣahih. Adapun, dari segi kuantitas, hadis yang dinukil oleh Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi pada bahasan sabar dalam menghadapi musibah pada kitab Minhājul Muslim bab Akhlāq pasal Fī Khalqi aṣ-Ṣabr mayoritas terkategorikan sebagai hadis ahad. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat enam hadis yang membahas secara spesifik tentang sabar dalam menghadapi musibah pada kitab Minhājul Muslim karya Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi. Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi melakukan penukilan hadis secara teliti dan hati-hati untuk dijadikan dalil dalam kitabnya Minhājul Muslim agar hadis-hadis tersebut dapat tetap relevan dengan waktu, situasi dan kondisi juga dapat menjadi hujjah atau dasar pedoman hidup bagi seorang muslim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sabar; Syarah; Takhrij
Subjects: Islam
Islam > Hadith
Islam > Study of Text of Hadith
Islam > Pillars of Islam
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Sejarah Pengumpulan, Penulisan dan Pembukuan Hadits
Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Muhammad Abdurrasyid Ridlo
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:22
Last Modified: 25 Jan 2024 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75291

Actions (login required)

View Item View Item