Protes organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) PD Bandung terhadap problem-problem sosial masa pemerintahan Jokowi tahun 2014-2018

Muztaba, Cep Ahmad (2023) Protes organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) PD Bandung terhadap problem-problem sosial masa pemerintahan Jokowi tahun 2014-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Gerakan mahasiswa telah berkembang dengan begitu pesat di Indonesia, keberadaannya kerap kali turut mewarnai dinamika sejarah Indonesia. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menjadi salah satu Gerakan mahasiswa yang memiliki andil besar pada masa reformasi. Pada masa pemerintahan Jokowi-JK tahun 2014-2018 tercatat masih terdapat beberapa program yang belum berjalan optimal dan belum berjalan sesuai harapan masyarakat Indonesia, maka KAMMI PD Bandung Menggelar beberapa protes dan aksi. Berdasarkan uraian diatas, terdapat beberapa rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Bagaimana Sejarah Berdirinya KAMMI PD Bandung? Kedua, Bagaiamana Protes KAMMI PD Bandung Terhadap Problem-Problem Sosial Masa Pemerintahan Jokowi Tahun 2014-2018? Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Sejarah Berdirinya Organisasi KAMMI Pengurus Daerah Bandung, untuk Mengetahui Protes KAMMI PD Bandung Terhadap Problem-Problem Sosial Masa Pemerintahan Jokowi Tahun 2014-2018. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian sejarah, dalam pelaksanaannya Langkah-langkah yang dilakukan peneliti meliputi empat tahapan yaitu sebagai berikut: tahapan heuristik, tahapan kritik, tahapan interpretasi dan tahapan historiografi. Dari hasil penelitian tersebut penulis dapat beberapa kesimpulan diantaranya adalah: pertama, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) merupakan gerakan mahasiswa yang lahir saat masa-masa reformasi di Indonesia pada tanggal 1 Dzulhijjah 1418 H bertepatan dengan 29 Maret 1998 M yang terbentuk dari kumpulan ide dan gagasan yang muncul dari diskusi-diskusi mahasiswa muslim sebagai aktivis dakwah kampus dalam sidang komisi FSLDK Nasional ke X, yang berlangsung sejak Jum’at sampai Ahad, 25-29 Maret 1998 di Universitas Muhammadiyah Malang. Kedua, Gerakan ini dengan cepat menyebar ke berbagai kampus yang ada di Indonesia termasuk ke daerah Bandung. KAMMI Bandung secara teritori awalnya adalah KAMMI Bandung Raya yang terdiri dari Kota Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Kabupaten Bandung dan Sumedang. Ketiga, pada kepengurusan tahun 2014-2018 KAMMI PD Bandung dari berbagai daerah yang terhimpun menggelar aksi, karena pada masa itu kepemerintahan Jokowi-JK tercatat masih terdapat beberapa program yang dicetuskan Jokowi-JK belum berjalan optimal dan belum berjalan sesuai harapan masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: KAMMI PD Bandung; Problem Sosial; Pemerintahan;
Subjects: Political Ethics > Duties of The State
Islam > Organizations of Islam
Social Welfare, Problems and Services
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: cep ahmad muztaba lukman&patmah
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:14
Last Modified: 06 Sep 2023 04:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75303

Actions (login required)

View Item View Item