Bimbingan tahfiz Al-Qur’an dengan metode Talaqqi untuk meningkatkan kualitas menghafal pada santri Tunanetra : Penelitian di Pesantren tunanetra Ma'had Sam'an Darushudur Desa Cimenyan Bandung

Safitri, Sheri (2023) Bimbingan tahfiz Al-Qur’an dengan metode Talaqqi untuk meningkatkan kualitas menghafal pada santri Tunanetra : Penelitian di Pesantren tunanetra Ma'had Sam'an Darushudur Desa Cimenyan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)

Abstract

Bimbingan tahfiz Al-Qur’an merupakan kegiatan pemberian bantuan yang diberikan oleh seorang pembimbing tahfiz kepada individu atau kelompok penghafal Al-Qur’an, untuk mengembangkan setiap potensi yang ada didalam diri para penghafal Al-Qur’an secara optimal dalam meningkatkan proses dalam membacanya, menghafalnya, menjaganya, dan memelihara Al-Qur’an ke dalam ingatan dan hatinya. Pondok Pesantren Tunanetra Sam’an Darushudur Cimenyan Bandung adalah salah satu pondok pesantren berbasis takhasus yang santri nya merupakan santri tunanetra. Sebagai santri penyandang tunanetra membutuhkan bantuan lebih dari seorang pembimbing dalam menghafal Al-Qur’an, memerlukan metode untuk mempermudah santri tunanetra dalam menghafalkan Al-Qur’an. Metode tallaqi merupakan metode menghafal dan membaca Al-Qur’an yang paling mudah diterima oleh semua kalangan, tidak terkecuali oleh santi tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses, kendala dan hasil dari Bimbingan tahfiz Qur’an dengan metode talaqqi untuk meningkatkan kualitas menghafal santri tunanetra di Pondok Pesantren Tunanetra Sam’an Darushudur Cimenyan Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga data dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan oleh orang lain serta langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini dikatakan berhasil setelah dilaksanakannya proses bimbingan tahfiz dengan metode talaqqi. Dilihat dari perkembangan santri, metode talaqqi mampu meningkatkan kemampuan serta kualitas hafalan Al-Qur’an pada santri tunanetra, karena metode talaqqi yang diterapkan mampu membantu serta mempermudah santri dalam membaca serta menghafal Al-Qur’an dengan meraba Qur’an braille dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid dan makhorijul huruf didalam Al-Qur’an. Hasil dari bimbingan tahfiz dengan metode talaqqi menjadi metode dasar penting bagi santri tunanetra. Santri tunanetra secara bertahap diajarkan cara mengenali huruf-huruf Al-Qur’an pada Qur’an braille sampai santri dapat membaca serta menghafalkan ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan dengan tajwid dan makhorijul huruf. Santri tunanetra menjadi lebih mudah paham cara membaca serta menghafalkan Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan; bimbingan tahfiz; metode tallaqi; santri tunanetra; Qur'an braille;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: sheri kurnia safitri
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:14
Last Modified: 06 Sep 2023 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75320

Actions (login required)

View Item View Item