Pemahaman siswa terhadap Q.S. Al-Ahzab ayat 59 pada mata pelajaran aqidah akhlaq dan hubungannya dengan motivasi mereka dalam berbusana muslimah (Penelitian korelasional terhadap siswa kelas Xl MA Al-Ishlah Sagalaherang kabupaten Subang)

Rahayu, Ameliawati (2023) Pemahaman siswa terhadap Q.S. Al-Ahzab ayat 59 pada mata pelajaran aqidah akhlaq dan hubungannya dengan motivasi mereka dalam berbusana muslimah (Penelitian korelasional terhadap siswa kelas Xl MA Al-Ishlah Sagalaherang kabupaten Subang). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Ahzab ayat 59 sangat baik dan juga tinggi. Namun disisi lain motivasi siswa untuk memakai busana muslimah masih sangat rendah. Penelitian dilakukan terhadap siswi kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Sagalaherang Subang, bahwa kandungan dari surat Al-Ahzab ayat 59 ini cukup memberikan rangsangan positif terhadap siswa, sehingga memotivasi dan pembelajaran siswa yang diharapkan. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan dan masalah yang menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa terhadap Qur’an Surat al-Ahzab ayat 59 pada materi aqidah akhlak tentang perintah berbusana muslimah 2) Motivasi mereka dalam berbusana muslimah pada kehidupan sehari-hari. 3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap Qur’an Surat al-Ahzab ayat 59 pada materi aqidah akhlak dengan motivasi mereka dalam berbusana muslimah dalam kehidupan sehari-hari di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Sagalaherang Subang. Penelitian ini berdasarkan teori pemikiran bahwa motivasi belajar merupakan faktor psikologis yang bersifat intelektual, dan peranan khususnya berkaitan dengan tumbuhnya semangat, perasaan senang dan semangat belajar. Siswa yang memiliki motivasi yang kuat akan memiliki banyak energi untuk melakukan banyak kegiatan. Salah satunya motivasi berbusana muslimah yang berhubungan dengan pemahaman siswa terhdap Q.S Al-Ahzab ayat 59. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah tidak ada hubungan antara pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Ahzab ayat 59 pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan motivasi mereka dalam memakai busana muslimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Data penelitian yaitu sampel 80 siswi, yakni 100% dari jumlah populasi siswi kelas IX Madrasah Aliyah Al-Ishlah Sagalaherang Subang. Teknik pengumpulan data melalui angket, tes tulis, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, analisis parsial, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pemahaman siswa terhadap Q.S al-ahzab ayat 59 pada materi aqidah akhlak termasuk dalam kualifikasi baik, dengan nilai rata-rata 78,4 yang berada pada interval 70-79. 2) Motivasi siswa dalam memakai busana muslimah interpretasi baik, dengan skor hasil perhitungan 3,81 yang berada pada skala 3,5-4,5. 3) Hubungan antara pemahaman siswa pada Q.S al-Ahzab ayat 59 dengan motivasi mereka dalam memakai busana muslimah berada pada hubungan sangat rendah. Berdasarkan hipotesis yang diajukan memperoleh signifikasi 0,001 > 0,05 yang menunjukan Ha diterima dan HO ditolak. Dengan demikian pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Ahzab ayat 59 dengan motivasi siswa dalam memakai busana muslimah tidak ada hubungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Busana Muslimah; Akhlak
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ameliawati Rahayu
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:45
Last Modified: 06 Sep 2023 05:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75326

Actions (login required)

View Item View Item