Implementasi regulasi pengawasan Komisi Penyiaran Indonesia terhadap tayangan Religi Damai Indonesiaku di Tvone : Studi deskriptif terhadap Komisi Penyiara Indonesia Pusat

Fadila, Sifa (2023) Implementasi regulasi pengawasan Komisi Penyiaran Indonesia terhadap tayangan Religi Damai Indonesiaku di Tvone : Studi deskriptif terhadap Komisi Penyiara Indonesia Pusat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy

Abstract

Media televisi berfungsi sebagai media informasi yang dikonsumsi oleh banyak orang. Banyak program televisi yang menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, salah satunya adalah program siaran keagamaan. sejauh ini siaran keagamaan banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Sebagai program siaran keagamaan yang pada dasarnya menyajikan informasi yang positif, namun tidak menutup kemungkinan adanya potensi pelanggaran. Lembaga pengawas Komisi Penyiaran Indonesia Pusat berperan penting dalam mengawasi dan menerapkan peraturan tentang program siaran agar tercipta siaran yang aman dan edukatif, salah satunya adalah siaran religi Damai Indonesiaku di TVONE.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi regulasi ideal KPI Pusat, kelompok yang menjadi sasaran penerapan regulasi, badan-bdan pelaksana yang terhubung, serta faktor lingkungan dalam implementasu regulasi pengawasan terhadap program religi Damai Indonesiaku di TVONE. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model proses atau alur Smith (1973). Menurut Smith, ada empat variabel yang harus diperhatikan dalam proses implementasi, yaitu pertama kebijakan yang diidealkan, kedua kelompok sasaran, ketiga organisasi atau badan-badan pelaksana, dan keempat kondisi lingkungan.Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Data dikumpulkan langsung dari KPI Pusat dan TVONE melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.. Penelitian ini menemukan bahwa Implementasi regulasi ideal pengawasan KPI Pusat terhadap program Damai Indonesiaku di TVONE dilakukan secara efektif oleh Komisioner, tim Isi Siaran (permantau, Tenaga Ahli, kordinator), Penjatuhan Sanksi, Tim Legal, dan Tim Pengaduan. Sebagai alat untuk mencapai tujuan pelaksanaannya adalah Regulasi P3SPS. Kelompok Sasaran dalam implementasi pengawasan KPI Pusat adalah program siaran yang diproduksi oleh lembaga penyiaran televisi dan radio. Badan-badan pelaksana dalam implementasi regulasi pengawasan KPI Pusat terhadap program religi Damai Indonesiaku di TVONE ada dua komponen yakni pertama secara internal dari KPI Pusat, kedua secara eksternal dari instansi yang menyeimbangkan antara batasan-batasan yang ada dalam regulasi. Faktor lingkungan dalam implementasi pengawasan KPI Pusat terhadap program religi Damai Indonesiaku di TVONE melalui empat aspek, antara lain aspek sosial, aspek politik, aspek ekonomi dan aspek budaya. Dampak yang diperoleh ada secara positif dan negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komisi Penyiaran Indonesia; Tayangan Religi; Implementasi; Regulasi
Subjects: Teori of Knowledge
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Communications Telemunications
Applied Physics
Public Performances
Public Performances > Television Show
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: sifa fadila
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:24
Last Modified: 06 Sep 2023 07:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75345

Actions (login required)

View Item View Item