Fauziah, Irena Widianty (2023) Pengaruh Mobile Augmented Reality (MAR) terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah adalah salah satu aspek yang harus dikuasai siswa pada abad ke 21 ini, namun keterampilan pemecahan masalah siswa masih relatif rendah. Siswa kesulitan dalam menerapkan konsep pada permasalahan yang dijumpai. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif yaitu Mobile Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Mobile Augmented Reality terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran terlaksana dengan sangat baik dengan memperoleh rata-rata persentase sebesar 97% pada aktivitas guru dan 88% pada aktivitas siswa. Selain itu, terdapat perbedaan nilai N-Gain dimana untuk kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,06 dengan kategori rendah, sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,023 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan Mobile Augmented Reality terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 76,3% yang berarti siswa merespon baik penggunaan Mobile Augmented Reality sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Pemecahan Masalah; Mobile Augmented Reality; Sistem Pernapasan Manusia |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Irena Widianty Fauziah |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:53 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 07:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75364 |
Actions (login required)
View Item |