Pemanfaatan Laporan Keuangan Nasabah Dalam Analisis Kelayakan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Cihampelas Bandung

Mawarni, Sofhia Puspa (2007) Pemanfaatan Laporan Keuangan Nasabah Dalam Analisis Kelayakan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Cihampelas Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftapustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

Sebagai suatu lembaga yang berfungsi sebagai intermediasi. Bank dikatakan membeli uang dari nasabah pemilik dana dengan suatu harga yang disebut bunga kredit. Sebaliknya, bank akan menjual dalam bentuk pemberian harga yang disebut bunga debet. Bagi yang berkeyakinan bahwa bunga bank itu haram, maka bank yang menggunakan syariat Islam adalah konsep altematif. Meski pada bank Islam, terdapat juga sistem pemberian kredit seperti di bank-bank konvensional, namun konsepnya berbeda, pada bank yang menggunakan sistem syariat Islam, tidak ada pemberian bunga yang ada hanyalah bagi hasil dan margin, selain itu nama untuk produk kredit atau adalah pembiayaan. Salah satu contoh produk pembiayaan adalah pembiayaan murabahah, yang pembayaran kewajiban bagi nasabah sejak awal dibayar secara tetap sehingga tidak membebani nasabah. Pembiayaan murabahah memiliki beberapa manfaat dan juga risiko yang harus diantisipasi. Untuk mengantisipasi risiko tersebut,pihak bank melakukan prosedur pembiayaan bagi nasabah yang mengajukan pembiayaan dan analisis kelayakan pembiayaan atas persyaratan-persyaratan khusus yang diberikan nasabah pada saat mengajukan pembiayaan, salah satunya adalah laporan keuangan calon nasabah. Oleh karena itu, penulis membahas tentang hal tersebut dengan tujuan untuk mengetahui prosedur analisis kelayakan pembiayaan murabahah, dan untuk mengetahui manfaat laporan keungan nasabah dalam prosedur analisis kelayakan pembiayaan. Metode yang digunakan penulis adalah metode pengumpulan data deskriptif dengan cara mendatangi objek penelitian secara langsung dengan melakukan observasi dan wawancara sedangkan metodde pengolahan datanya dengan cara mengklasifikasikan data lalu merangkum setiap jawaban dari hasil wawancara. Setelah penulis mengadakan penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa prosedur pembiayaan penting dilakukan, agar pihak bank dapat mengetahui keadaan nasabah dengan jelas dan laporan keuangan sangat diperlukan juga sangat dibutuhkan dalam sebuah analisis kelayakan pembiayaan yang dilakukan oleh pihak bank karena laporan keuangan dapat menggambarkan bagaimana keadaan keuangan nasabah selain itu laporan keuangan bermanfaat agar pihak bank dapat mengambil sebuah keputusan dengan benar, karena jika keputusan yang diambil oleh pihak bank keliru, tentunya akan membuat pihak bank mengalami kerugian, sebaliknya jika keputusan yang diambil benar, hal ini dapat membuat pihak bank meminimalisir risiko pembiayaan Permasalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemamfaatan;keuangan;murabahah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Law
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:13
Last Modified: 06 Dec 2023 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75390

Actions (login required)

View Item View Item