Adinda, Asri (2023) Hubungan perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa : Studi penelitian uji korelasi pada siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (499kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
Abstract
Pemelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash , yaitu terlihat adanya perbedaan mengenai kesiapan belajar siswa dilihat dari besarnya pemeberian perhatian orang tua mereka. 9 dari 25 siswa memiliki orang tua yang memberikan perhatian berlebih pada kesiapan belajar anak. Terdapat juga siswa yang mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya, serta ada siswa yang kurang mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perhatian orang tua siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash, untuk mengetahui kesiapan belajar siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash, serta untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket perhatian orang tua, angket kesiapan belajar siswa, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis parsial, uji normalitas data, uji linearitas, uji hipotesis, uji korelasi dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa realitas perhatian orang tua termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 72,88 berada pada rentang 61,2 – 75,5. Realitas kesiapan belajar termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 44,52 berada pada rentang 37,4 – 46,1. Hubungan perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa pada penelitian ini termasuk pada kategori sangat rendah atau tidak ada korelasi dengan nilai uji korelasi 0,067 berada pada interval 0,00 – 0,190. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 4% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode kuantitatif; perhatian orang tua; kesiapan belajar siswa |
Subjects: | Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asri Adinda |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 05:24 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 05:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75437 |
Actions (login required)
View Item |