Hubungan perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa : Studi penelitian uji korelasi pada siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash

Adinda, Asri (2023) Hubungan perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa : Studi penelitian uji korelasi pada siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)

Abstract

Pemelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash , yaitu terlihat adanya perbedaan mengenai kesiapan belajar siswa dilihat dari besarnya pemeberian perhatian orang tua mereka. 9 dari 25 siswa memiliki orang tua yang memberikan perhatian berlebih pada kesiapan belajar anak. Terdapat juga siswa yang mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya, serta ada siswa yang kurang mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perhatian orang tua siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash, untuk mengetahui kesiapan belajar siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash, serta untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas IV MI Baitul Ikhlash dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket perhatian orang tua, angket kesiapan belajar siswa, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis parsial, uji normalitas data, uji linearitas, uji hipotesis, uji korelasi dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa realitas perhatian orang tua termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 72,88 berada pada rentang 61,2 – 75,5. Realitas kesiapan belajar termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 44,52 berada pada rentang 37,4 – 46,1. Hubungan perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa pada penelitian ini termasuk pada kategori sangat rendah atau tidak ada korelasi dengan nilai uji korelasi 0,067 berada pada interval 0,00 – 0,190. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 4% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode kuantitatif; perhatian orang tua; kesiapan belajar siswa
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asri Adinda
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:24
Last Modified: 06 Sep 2023 05:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75437

Actions (login required)

View Item View Item