Masjid Raya Al A'zhom : Perkembangan aktivitas pendidikan, sosial dan keagamaan di Kota Tangerang (tela'ah historis 2003-2020)

Al Farisy, Muhammad Salman (2023) Masjid Raya Al A'zhom : Perkembangan aktivitas pendidikan, sosial dan keagamaan di Kota Tangerang (tela'ah historis 2003-2020). Sarjana thesis, UIN Sunung Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil tema Masjid Raya Al A’zhom yang bergerak dalam aktivitas Pendidikan, sosial dan keagamaan di Kota Tangerang. Masjid Raya Al A’zhom Kota Tangerang merupakan sentra berbagai aktivitas keagamaan (islam) di Kota Tangerang. Hal tersebut didukung dengan keuinikan yang teradapat pada arsitektural Masjid yang khas berupa kubah terbesar tanpa tiang penyangga terbesar di Asia Tenggara. Keistimewaan tersebut kian mendukung perhatian dari lapisan masyarakat sehingga ramai dikunjungi oleh masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: pertama, gambaran umum Masjid Raya Al A’zhom; kedua, berbagai aktivitas Pendidikan, sosial dan keagamaan yang ada di Masjid Raya Al A’zhom Kota Tangerang pada tahun 2003 hingga 2020. Sesuai dengan penelitian tersebut, maka metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi empat macam tahapan, diantaranya: pertama heuristik atau tahap pengumpulan sumber data, kedua kritik atau tahapan dalam mengolah data yang dihasilkan, terdiri dari kritik intern dan ekstren, ketiga interpretasi atau tahapa penafsiran serta analisis data dan keempat historiografi atau tahap penulisan dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan sumber primer seperti dokumen-dokumen, observasi lapangan dan wawancara, sedangkan sumber sekunder yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber buku, penelitian terdahulu, serta jurnal ilmiah yang sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Masjid Raya Al A’zhom telah melalui perkembangan panjang mulai dari pendirian yang dilatar belakangi untuk mengubur citra Kota Tangerang sebagai Kawasan kontrolir sampai keberadaannya yang hingga kini menjadi penyokong pemerintah Kota Tangerang sebagai sentra aktivitas keagamaan. Perkembangan Masjid Raya Al A’zhom cukup maju dan pesat karena didorong oleh visinya yang berupaya untuk mewujudkan generasi yang inovatif, kreatif, dinamis dan bertaqwa kepada Allah SWT dan tentunya Masjid Raya Al A’zhom ini telah memberikan perubahan pada karakter umat, memberikan andil yang cukup besar melalui kegiatan-kegiatan yang telah di rancang sedemikian rupa dalam upaya pengembangan keagamaan masyarakat sekitar, serta memberikan pemahaman dan meningkatkan aspek pendidikan islami di masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masjid; Masjid Raya Al A’zhom; Kota Tangerang
Subjects: Islam
Islam > Mosques
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Salman Al Farisy
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:57
Last Modified: 06 Sep 2023 06:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75449

Actions (login required)

View Item View Item