Partisipasi perempuan dalam program Pekarangan Pangan Lestari : Penelitian tentang pola pemberdayaan KWT dalam memenuhi kesejahteraan di Kelurahan Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung

Lestari, Tesya Ananda (2023) Partisipasi perempuan dalam program Pekarangan Pangan Lestari : Penelitian tentang pola pemberdayaan KWT dalam memenuhi kesejahteraan di Kelurahan Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang diadakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Kencana Lestari di Kelurahan Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung. Penelitian ini berangkat dari fenomena partisipasi perempuan yang rendah dalam mengikuti program pemberdayaan perempuan sehingga menarik perhatian peneliti dalam meneliti permasalahan partisipasi perempuan dalam program P2L. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi perempuan dalam program P2L, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat partisipasi perempuan dalam program P2L. Lalu tujuan selanjutnya yaitu untuk mengetahui mekanisme dan keberhasilan program P2L dalam memenuhi kesejahteraan di Kelurahan Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tindakan Sosial Max Weber. Teori tindakan sosial yaitu sebuah teori yang digunakan untuk mengenalisis permasalahan partisipasi perempuan dalam program P2L yang diadakan oleh KWT Kencana Lestari di Kelurahan Rancaekek Kencana Kabupaten Bandung.Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji sistem pemikiran, objek atau kondisi nyata, serta memberikan gambaran secara lengkap mengenai partisipasi perempuan dalam program P2L. Data yang dihasilkan berdasarkan pengumpulan data primer dengan cara observasi non partisipan dan wawancara semi terstruktur. Selain itu dilengkapi juga dengan data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini,.Kemudian data yang sudah didapatkan direduksi, dikelompokkan ke dalam penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi perempuan dalam program P2L masih tergolong rendah karena kurangnya antusias dari warga perempuan kelurahan Rancaekek Kencana. Terdapat faktor pendukung dan juga penghambat mengenai partisipasi perempuan dalam program P2L. Faktor pendukung yaitu adanya ketertarikan atau hobi, tanggung jawab, dan mengisi waktu luang yang dilakukan oleh para warga perempuan kelurahan Rancaekek Kencana. Adapun faktor penghambatnya yaitu usia para anggota perempuan KWT Kencana Lestari, pekerjaan, gaya hidup, serta jenis kelamin dari warga perempuan kelurahan Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung. Hasil mekanisme dan keberhasilan program P2L dalam memenuhi kesejahteraan di Kelurahan Rancaekek Kencana belum tercapai karena kurangnya antusias dari masyarakat khususnya para perempuan dalam program P2L.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Wanita Tani (KWT); Kesejahteraan; Partisipasi; Perempuan; Tindakan Sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Tesya Ananda Lestari
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:03
Last Modified: 06 Sep 2023 07:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75451

Actions (login required)

View Item View Item