Penyimpangan sosial di masyarakat Pedesaan Rt 01 Kampung Cilongkrang Desa Sukalaksana Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut

Rahayu, Erliani Putri (2023) Penyimpangan sosial di masyarakat Pedesaan Rt 01 Kampung Cilongkrang Desa Sukalaksana Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia tak bisa begitu saja lepas dari norma ataupun peraturan yang berlaku di masyarakat. Namun, tidak selamanya berbagai norma dan aturan di masyarakat akan ditaati oleh setiap individu. Perilaku menyimpang sudah menjadi fenomena umum yang sering terjadi di Indonesia, salah satunya di Kp.Cilongkrang RT 01 Desa Tujuan penlitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk penyimpangan sosial dan faktor yang mempengaruhi penyimpangan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat pedesaan Kp.Cilongkrang RT 01 Desa Sukalaksana Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Theory Differential Asosiasi Edwin H. Sutherland. Dalam teorinya tersebut, Sutherland berpendapat bahwa perilaku kriminal merupakan perilaku yang dipelajari di dalam lingkungan sosial, artinya semua tingkah laku dapat dipelajari dengan berbagai cara. Teori ini menjelaskan bahwa penyimpangan sosial terjadi karena adanya pergaulan yang berbeda. Artinya individu mempelajari perilaku menyimpang dan interaksinya dengan individu yang lain yang berbeda latar belakang, asal, kelompok, dan budaya Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukan bahwa bentuk penyimpangan yang terjadi di Kampung Cilongkrang RT 01 Desa Sukalaksana Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut yaitu bentuk penyimpangan campuran dimana penyimpangan yang terjadi awalnya hanya dilakukan oleh individu namun seiring berjalanya waktu pada kasus tertentu terbentuk kelompok-kelompok. Faktor sosial mempengaruhi perilaku menyimpang di Kampung Cilongkrang RT 01 Desa Sukalaksana Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut. Hal tersebut terlihat dari kondisi lingkungan dimana banyaknya perilaku menyimpang di lingkungan sehingga berpengaruh terhadap kehidupan sosial warga, dan kondisi keadaan rumah tangga yang kurang harmonis, sehingga timbul masalah pada psikologis yang mengarah pada prilaku menyimpang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku; Menyimpang
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Erliani Putri Rahayu
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:29
Last Modified: 07 Sep 2023 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75454

Actions (login required)

View Item View Item