Peran aparatur Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat dalam mencegah perkawinan di bawah tangan

Attahillah, Revanza Clathariethurs Ariq (2023) Peran aparatur Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat dalam mencegah perkawinan di bawah tangan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy

Abstract

Kantor Urusan Agama (KUA) bertanggungjawab atas pelaksanaan tugas dan fungsi dari Kementerian Agama termasuk untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk melakukan perkawinan secara resmi di KUA. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada lagi masyarakat yang melakukan perkawinan secara tidak resmi atau perkawinan di bawah tangan, maka untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya langkah pencegahan oleh pihak KUA agar masyarakat dapat memahami tentang pentingnya mendaftarkan perkawinan secara resmi di KUA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana faktor yang melatarbelakangi perkawinan di bawah tangan kemudian untuk mengetahui bagaimana upaya KUA dalam mencegah perkawinan di bawah tangan dan untuk mengetahui bagaimana kendala yang dialami oleh KUA dalam mencegah perkawinan di bawah tangan. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori maslahah mursalah yang merupakan konsep dalam hukum Islam yang mengutamakan pada kepentingan umum dalam hal ini sebagai wujud dari fungsi protektif bagi masyarakat yang telah melakukan perkawinan secara tercatat di KUA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis yaitu memaparkan metode pencegahan perkawinan di bawah tangan yang dilakukan pihak KUA Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan sumber data primer dan sekunder. Kemudian sumber data yang diperoleh dianalisa sampai kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini hal yang dapat disimpulkan yang Pertama ialah faktor yang melatarbelakangi terjadinya perkawinan di bawah tangan adalah faktor pendidikan yang rendah, faktor kesadaran hukum yang kurang dan faktor lingkungan, yang kedua ialah upaya yang telah dilakukan oleh KUA Kecamatan Parongpong yaitu dengan cara sosialisasi serta melakukan penyuluhan kepada masyarakat, faktor yang menjadi kendala KUA Kecamatan Parongpong adalah faktor dari kesadaran akan menaati hukum yang berlaku, serta didukung oleh faktor pendidikan yang rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kantor Urusan Agama; Perkawinan; Pencegahan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Culture and Institutions > Marriage
Private Law > Domestic Relations, Family Law, Marriage
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Revanza Clathariethurs Ariq Attahillah
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:14
Last Modified: 06 Sep 2023 07:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75467

Actions (login required)

View Item View Item