Analisis sifat-sifat calon penghuni neraka Jahanam & neraka Saqar dalam Al- Qur'an

Fajri, Lala Nurbaeti (2023) Analisis sifat-sifat calon penghuni neraka Jahanam & neraka Saqar dalam Al- Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI edit.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Sifat tercela sudah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an, termasuk sifat-sifat para calon penghuni neraka. Terdapat tujuh tingkatan dalam neraka, dan masing-masing memiliki spesifikasi atas siapa saja yang akan masuk ke dalamnya. Salah satunya terdapat neraka Jahanam dan neraka Saqar. Keduanya bermula dari sifat manusia yang enggan menggunakan mata, pendengaran, juga hati yang telah di anugrahkan kepadanya sebagai alat untuk beribadah kepada Allah. Pada penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana sifat-sifat yang akan menjadi calon penghuni neraka Jahanam dan neraka Saqar dengan berdasarkan kepada ayat-ayat dalam Al- Qur’an serta bagaimana para mufassir menjelaskan mengenai ayat-ayat tersebut. Dan bagaimana cara ayar terhindar dari sifat-sifat tercela itu.Penelitian ini ditempuh dengan menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan pendekatan tafsir maudhu’i yakni metode yang mengambil satu topik pembahasan dalam Al- Qur’an secara tematik. Adapun untuk metode Maudhui sendiri dapat dilakukan dengan menempuh langkah-langkah seperti : Menetapkan tema yang akan dibahas, mengumpulkan ayat-ayat yang relevan dengan tema, menyusunnya sesuai dengan masa turunnya, juga mengetahui tentang asbab nuzulnya, memahami keselarasan ayat dengan masing-masing suratnya, di dukung oleh hadis yang relevan dengan tema, mempelajari ayat-ayat tersebut hingga bertemu pada pengertian yang sama, serta menyimpulkan jawaban daripada apa yang telah di teliti.Pembahasan dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini melahirkan beberapa sifat bercela yang akan menghantarkan pelakunya ke pada neraka, baik itu neraka Jahanam maupun Saqar. Adapun sifat-sifat tersebut diantaranya ialah : ka>firun, musyrikun, muna>fiqun, murtadun, fa>siqun, D{allun, mufsidun, mu’tadun, khasirin, orang-orang yang meninggalkan Shalat, enggan membayar zakat, membicarakan kebatilan, serta mendustakan hari kiamat hingga ajalnya datang. Terlepas dari itu, tentu saja terdapat upaya agar terhindar dari sifat-sifat tercela itu, tentunya dengan melakukan taubat jika sudah terlanjur melakukan kesalahan, senantiasa melakukan amalan baik, berdoa agar dilindungi oleh Allah serta tentunya melakukan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang telah menjadi larangan untuk diperbuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Calon penghuni Neraka; Jahanam; Saqar
Subjects: Islam > Sources of Islam
Islam > Interpretation and Criticism of Koran
Islam > Individual Suras and Groups of Suras
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Lala Nurbaeti Fajri
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:34
Last Modified: 06 Sep 2023 07:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75493

Actions (login required)

View Item View Item