Implementasi nilai sufistik melalui metode dzikir terhadap pengembangan karakter anak : Studi di pesantren anak SDIT Idrisiyyah Pakuhaji

Haikal, Farhan Pratama (2023) Implementasi nilai sufistik melalui metode dzikir terhadap pengembangan karakter anak : Studi di pesantren anak SDIT Idrisiyyah Pakuhaji. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Mentalitas dan karakter bangsa masih mengalami krisis multidimensi karena sebab kurangnya kedekatan seseorang dengan Tuhan, ditambah banyaknya permasalahan kehidupan yang semakin beragam membuat seseorang itu menjadi gelisah dan hampa karena kebutuhan manusia saat ini lebih banyak dibandingkan kedamaian. Belakangan ini banyaknya agenda dari majelis-majelis maupun lembaga pendidikan dan pesantren di Indonesia mengadakan pelaksanaan dzikir bersama, agar diberi keberkahan dan dijauhkan dari bala bencana tentu ini memiliki dampak positif bagi kehidupan masyarakat tak lain adalah untuk membersihkan hati dan jiwa supaya mendapatkan ketenangan dalam hidup. Berkaca dari fenomena ini sudah seharusnya muslim di Indonesia yang memiliki populasi terbesar di dunia dianjurkan untuk selalu berdzikir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan suatu informasi yang lengkap, tentang nilai-nilai sufitsik yang terdapat pada aktifitas dzikir siswa/I Pesantren anak SDIT Idrisiyyah Pakuhaji, Tangerang serta Implementasinya terhadap pembentukan karakter anak. Peneliti mengeksplorasi nilai-nilai sufistik dan fenomena lapangan dengan pendekatan studi kasus dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pesantren Anak SDIT Idrisiyyah Pakuhaji Tangerang dapat mengintegrasikan nilai-nilai sufistik dan ajaran Tarekat Idrisiyyah ke dalam kurikulum pembentukan karakter anak melalui 10 aktifitas dzikir yang terdapat disana, serta melahirkan karakter anak yang mencintai Allah, disiplin, konsisten, mampu mengendalikan diri, khusyuk dalam beribadah dan belajar, memiliki empati dan kepedulian, serta meneladani guru-guru. Dengan demikian pembentukan karakter melalui metode dzikir dan nilai-nilai sufistik SDIT Idrsiyyah dapat membentuk generasi yang memiliki akhlak yang mulia dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai sufistik; dzikir; pembentukan karakter anak
Subjects: Islam > Sufism
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Farhan Haikal Pratama
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:05
Last Modified: 07 Sep 2023 01:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75510

Actions (login required)

View Item View Item