Partisipasi warga dalam program Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

Sabrina, Tria Latifani (2023) Partisipasi warga dalam program Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftarisi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Kampung KB di Kabupaten Bandung Barat yang dirasa lambat dan kurang optimal karena minimnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaannya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bandung Barat yaitu dengan mengarahkan Kampung KB Insan Sejahtera menjadi Kampung KB Percontohan sebagai rujukan bagi Kampung KB lainnya dalam meningkatkan pengelolaan Kampung KB melalui penguatan peran serta masyarakat didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat partisipasi dalam pengelolaan program Kampung KB Insan Sejahtera. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat ketercapaian Kampung KB Insan Sejahtera melalui indikator keberhasilan dalam upayanya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan teori Tindakan Sosial Max Weber yang digunakan sebagai analisis partispasi warga dalam Program Kampung KB dilihat dari bentuk tindakan sosialnya. Peneliti juga menggunakan teori Kependudukan kontemporer sebagai pendukung dari teori utama agar mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai keberhasilan yang dicapai oleh program Kampung KB Insan Sejahtera. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif untuk menganalisis lebih jauh mengenai partisipasi warga dalam program Kampung KB Insan Sejahtera. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara semi struktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi dalam pengelolaan program Kampung KB Insan Sejahtera dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun monitoring dan evaluasi tergolong tinggi. Partisipasi warga tersebut terklasifikasi kedalam tiga bentuk sumbangan yaitu pemikiran, tenaga, dan materi. Faktor yang mendukung partisipasi warga diantaranya kesadaran individu yang baik, adanya sinkronisasi pemerintah dan masyarakat, dan sifat gotong royong dan kekeluargaan yang erat. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman dan kesadaran warga. Kampung KB Insan Sejahtera sendiri telah memenuhi indikator keberhasilan Kampung KB, Namun sebagai Kampung KB Percontohan perlu adanya optimalisasi lagi dalam pengelolaanya agar selain dari capaian yang diharapkan sesuai tujuan dan lebih tepat sasaran, Kampung KB Insan Sejahtera juga dapat meningkatkan perannya sebagai Kampung KB Percontohan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampung KB; Masyarakat; Partisipasi; Pengelolaan; Percontohan
Subjects: Culture and Institutions
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: tria tria mulya hartni
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:29
Last Modified: 07 Sep 2023 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75552

Actions (login required)

View Item View Item