Hubungan kemandirian belajar siswa pada mata pada pelajaran akidah akhlak : Penelitian Korelasi di Madrasah Ibtidaiyah Yapip Nagrak

Ramadanti, Adisti Sartika (2023) Hubungan kemandirian belajar siswa pada mata pada pelajaran akidah akhlak : Penelitian Korelasi di Madrasah Ibtidaiyah Yapip Nagrak. Sarjana thesis, Universitas Isalam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Pendidik tidak hanya berfokus pada mata pelajaran yang akan disampaikannya saja, akan tetapi ia harus mampu mendidik siswa-siswinya mengenai sikap, watak, dan kepribadian yang baik atau bisa kita sebut juga dengan akhlak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Yapip Nagrak. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat Hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Metode pada penelitian ini ialah metode korelasi (Hubungan) dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 25 siswa pada kelas V. Pengambilan data untuk kemandirian belajar ialah dengan angket sedangkat hasil belajar ialah dengan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan uji analisis deskriptif, lalu untuk uji coba soal tes dilakuka uji validitas, uji reliabilitas, selanjutnya adanya uji coba prasayarat yakni uji normalitas setelah didapat hasil yang normal lalu dilakukan uji korelasi product moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar pada siswa kelas V di MI Yapip Nagrak memiliki nilai rata-rata sebesar 29.28 yang berarti masuk pada kategori sedang, sedangkan rata-rata hasil belajar diperoleh sebesar 74.4 berarti masuk pada kualifikasi kategori tinggi.Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak memiliki hubungan yang cukup kuat/sedang. Hal tersebut dapat terlihat pada perhitungan uji korelasi product moment bahwa rhitung sebesar 0,450 termasuk pada kategori cukup kuat/sedang dengan interval 0,40 - 0,599 dan rtabel sebesar 0,396. Hipotesis penelitian yakni terdapat Hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar; hasil belajar; akidah akhlak
Subjects: Knowledge
Psychology
Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adisti Sartika
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:00
Last Modified: 07 Sep 2023 03:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75554

Actions (login required)

View Item View Item