Pengawasan wajib pajak atas pajak kendaraan bermotor di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Kota Bandung III Soekarno Hatta

Eldeanita, Elda (2023) Pengawasan wajib pajak atas pajak kendaraan bermotor di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Kota Bandung III Soekarno Hatta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Demi menyelenggarakan Pembangunan nasional, Pemerintah memberikan kewenangan kepada semua daerah untuk mengurus daerahnya masing-masing termasuk mengurusi pendapatan daerahnya. Pendapatan daerah yang berpotensi untuk digali ialah bersumber dari Pajak. Berkaitan dengan Pajak daerah, Kota Bandung memiliki potensi terbesar untuk menghasilkan pendapatan pajak daerah. Salah satunya berasal Pajak Kendaraan Bermotor yang di kelola oleh Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan standar pengawasan wajib pajak atas pajak kendaraan bermotor oleh Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta, untuk mengetahui penilaian (evaluasi) pengawasan wajib pajak atas pajak kendaraan bermotor oleh Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta, dan untuk mengetahui tindakan perbaikan pengawasan wajib pajak atas pajak kendaraan bermotor oleh Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pengawasan menurut Manullang (2015), yang mana di dalamnya terdapat tiga tahapan dalam melakukan pengawasan yakni penetapan standar pengawasan wajib pajak, penilaian (evaluasi) pengawasan wajib pajak, dan tindakan perbaikan pengawasan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alasan peneliti menggunakan metode dan pendekatan tersebut adalah karna ingin memahami secara mendalam dengan kasus yang terjadi yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data sebagai berikut Reduksi data, penyajian data yang kemudian akan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengawasan wajib pajak atas pajak kendaraan bermotor di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena adanya ketidaksesuaian dari dimensi Penetapan Standar yang dimana belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang menjelaskan secara spesifik terkait proses pengawasan wajib pajak. Adapun untuk dimensi penilaian (evaluasi) sudah berjalan dengan baik karena sudah memiliki laporan yang mana hasilnya akan dijadikan sebagai evaluasi ketika terjadi penyimpangan. Sedangkan untuk dimensi Tindakan Perbaikan sudah berjalan dengan baik juga, karena baik petugas maupun wajib pajak akan di kenakan punisment yang berupa teguran dan juga sanksi administratif kepada wajib pajak yang tidak mematuhi kewajibannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan; Pengawasan Wajib Pajak; Pajak Kendaraan Bermotor; Pajak Daerah, Pendapatan Daerah
Subjects: Knowledge > Reseach Methods
Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Elda Eldeanita
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:16
Last Modified: 07 Sep 2023 02:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75562

Actions (login required)

View Item View Item