Pengaruh sikap Wara terhadap sikap Riya pada pengguna Tiktok : Studi deskriptif kuantitatif kepada siswa kelas XI MAN 1 Kabupaten Subang

Darojah, Rima Rofiatud (2023) Pengaruh sikap Wara terhadap sikap Riya pada pengguna Tiktok : Studi deskriptif kuantitatif kepada siswa kelas XI MAN 1 Kabupaten Subang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Munculnya sikap narsistik pada penggunaan aplikasi TikTok yang mengarah kepada sikap riya pada siswa siswi kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang. Hal tersebut diakibatkan oleh banyak faktor yaitu di antaranya kebutuhan akan eksistensi dirinya (ingin diakui keberadaannya) oleh orang lain, alasan lainnya yakni remaja merasa lebih percaya diri. Apabila hal tersebut terus dilakukan maka akan lahirnya sifat baru yakni mengarah kepada riya dalam arti ingin mendapat pujian atau pengakuan dari orang lain. Salah satu upaya untuk menghidari perilaku riya adalah dengan menanamkan sifat wara’ pada seorang remaja. Hal ini dilakukan supaya remaja bisa menggunakan TikTok dengan baik tanpa menimbulkan akhlak tidak terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap wara’ pada pengguna TikTok siswa kelas XI MAN 1 Subang, gambaran sikap riya pada penggunaan TikTok siswa kelas XI MAN 1 Subang, dan pengaruh sikap wara’ terhadap sikap riya pada pengguna TikTok siswa kelas XI di MAN 1 Subang. Mengenai teori yang digunakan sebagai alat ukur yaitu wara’ menurut Syekh Az-Zarnuji bahwa sikap wara’ yaitu menjaga diri dari sesuatu yang mendatangkan keharaman atau berhati-hati dalam mengerjakan sesuatu agar tidak melakukan perbuatan yang haram. Menurut Imam Al-Ghazali riya adalah keinginan hamba akan kedudukan dihati manusia dengan mentaati Allah subha nahuwa ta’ala. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kuantitatif, dengan metode deskriptif dengan jenis metode survey. Sampel penelitian ini berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data ini adalah dengan observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji linear regresi sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa di MAN 1 Subang terdapat 9 siswa memiliki sikap wara’ yang rendah dengan presentase 24,3%. Sedangkan 19 siswa berada pada tingkat sedang dengan presentase 51,4%. Dan 9 orang siswa berada pada tingkat tinggi. Adapun gambaran sikap riya pada siswa kelas XI pengguna TiKTok berada pada kategori rendah sebanyak 7 orang dengan presentase 18,9%, pada kategori sedang sebanyak 23 orang dengan presentase 62,2%, dan pada kategori tinggi sebanyak 7 orang dengan presentasi 18,9%. Mengenai pengaruh dari sikap wara’ terhadap sikap riya siswa atau siswi MAN 1 Subang dengan thitung = -5, 075 dan taraf signifikansi 5% yaitu 0,05. Dengan ketentuan thitung < ttabel sehingga dihasilkan -5,075. <0,334 kemudian nilai signifikansi yang dihasilkan adalah 0.001 < 0.05 yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif antara sikap wara’ dan sikap riya, dengan hasil nilai koefisiensi determinasi (R square) adalah 0,424 maka presentase yang diperoleh adalah 42.4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: sikap Wara; sikap Riya; Tiktok
Subjects: Islam Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rima Rofi Rima rofiatud darojah Rima Rofiatud darojah
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:30
Last Modified: 07 Sep 2023 03:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75565

Actions (login required)

View Item View Item