Penafsiran Hasan Al-Banna terhadap ayat-ayat di Qur’an surat Al-Baqarah yang digunakan dalam zikir Al-Ma’surat Hasan Al-Banna

Naffisah, Nisrina (2023) Penafsiran Hasan Al-Banna terhadap ayat-ayat di Qur’an surat Al-Baqarah yang digunakan dalam zikir Al-Ma’surat Hasan Al-Banna. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Text (COVER).pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penafsiran ayat-ayat di surat Al-Baqarah yang digunakan dalam zikir al-ma’surat Hasan Al-Banna, Umat muslim diwajibkan untuk selalu berzikir setiap saat dalam kondisi atau keadaan apapun. Karena sebagaimana terdapat keterangan dalam dalil yang ma’sur yang telah diberitahukan oleh Rasulullah bahwa Allah memerintahkan hambanya untuk selalu berzikir kepada-Nya. Maka dari itu umat muslim berzikir semata-mata karena diperintahkan oleh Allah, dan sebagai bentuk dari ketaatan atau ibadah kepada Allah untuk menggapai ridhonya Allah. Zikir merupakan sarana paling utama dalam meningkatkan keimanan. Oleh karena itu, Imam Hassan Al-Banna membuat risalah ringkas yang mudah dipraktikkan dan bermanfaat bagi seluruh umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penafsiran Hasan Al-Banna terhadap ayat-ayat QS. Al-Baqarah yang digunakan dalam Zikir Al-Ma’surat dengan pendekatan tafsir tematik Al-Farmawi. Dan untuk mengetahui kandungan ayat-ayat QS. Al-Baqarah yang digunakan dalam Zikir Al-Ma’surat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian yang bersifat library research dengan menggunakan metode penelitian descriptive analysis. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan untuk penelitian ini, Terjemah Tafsir Maqasid Al-Qur’an Al-Karim karya Hasan Al-Banna digunakan sebagai sumber data primer dalam penelitian ini, kemudian sumber data sekunder yang digunakan seperti Kitab Risalatul Mu’awanah karya Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Hadad, Al-Ma’tsurat Doa dan zikir Rasulullah Saw. karya Hasan Al-Banna, serta buku- buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya yang mempunyai kesesuaian dengan judul penelitian. Hasil dari penelitian ini penulis mendapati bagaimana penafsiran Hasan Al-Banna serta kandungan yang terdapat dalam ayat-ayat QS. Al-Baqarah dalam Zikir Al-Ma’surat yang dapat dikategorikan kedalam tiga kelompok ayat. Dalam QS. Al-Baqarah satu sampai lima Allah mengingatkan dan menjelaskan tentang kebenaran Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi orang bertakwa, QS. Al-Baqarah: 255-257 mengingatkan dan menjelaskan pokok-pokok syariat agama Islam, kebebasan beragama, keimanan dengan Allah, QS. Al-Baqarah: 284-286 menjelaskan penyerahan diri kepada Allah serta melaksanakan semua perintah dan larangan-Nya kemudian doa dan berendah diri yang menunjukkan kekhusyuan. Sehingga dapat diketahui kandungan yang terdapat pada ayat-ayat QS. Al-Baqarah yang digunakan dalam Zikir Al-Ma’surat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zikir; Al-Baqarah; Al-Ma’surat; Hasan Al-Banna
Subjects: Islam > Muslims Persons, Imams
Islam > Interpretation and Criticism of Koran
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nisrina Naffisah
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:17
Last Modified: 07 Sep 2023 08:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75572

Actions (login required)

View Item View Item