Bimbingan keagamaan melalui kegiatan Eduplay untuk meningkatkan perkembangan sosial emosi anak usia dini

Andyara, Annisa Siti (2023) Bimbingan keagamaan melalui kegiatan Eduplay untuk meningkatkan perkembangan sosial emosi anak usia dini. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pada anak usia dini meliputi perkembangan fisik, kognitif, kreativitas, bahasa, komunikasi, sosial dan emosi. Perkembangan sosial pada anak diperoleh dari kematangan dan kesempatan belajar dari lingkungannya. Dan perkembangan emosi berkaitan dengan respon anak terhadap perasaan atau afeksi yang timbul ketika ia berada dalam suatu keadaan. Emosi memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan anak karena bisa mempengaruhi perilaku anak. Dalam hal ini, anak usia dini masih membutuhkan bimbingan pada proses perkembangannya. Salah satunya melalui bimbingan keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kondisi perkembangan anak, serta pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui kegiatan eduplay untuk meningkatkan perkembangan sosial emosi anak usia dini di RA Al-Wardah Kebon Kalapa Desa Batukarut Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Bimbingan keagamaan bagi anak usia dini dilakukan melalui kegiatan eduplay atau belajar seraya bermain. Kegiatan belajar seraya bermain ini merupakan salah satu prinsip yang ada di PAUD. Pelaksanaan bimbingan keagamaan dilakukan dengan mengimplementasi nilai-nilai keagamaan yang bersumber dari Al-Quran dan Hadits. Bimbingan keagamaan yang diberikan sebagai salah satu upaya untuk membantu meningkatkan perkembangan sosial emosi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data digunakan teknik wawancara dan observasi. Data tersebut kemudian dianalisis untuk memperoleh hasil dan ditarik menjadi sebuah simpulan hasil penelitian. Digunakannya metode ini karena peneliti ingin menjelaskan dan mengambarkan tentang fenomena terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui kegiatan eduplay untuk meningkatkan perkembangan sosial emosi anak usia dini di RA Al-Wardah Kebon Kalapa Desa Batukarut Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung sudah berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dari dengan meningkatnya perkembangan sosial emosi pada anak usia dini yang mampu beradaptasi, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan teman kelas serta guru pembimbing. Perkembangan emosi anak juga meningkat ditandai dengan kemampuan anak dalam mengekspresikan emosi positif. Serta anak mulai mampu dalam mengelola dan mengontrol emosi khususnya emosi negatif ketika dihadapkan dengan suatu hal/situasi yang tidak ia kehendaki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Kegiatan Eduplay; Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Annisa Siti Andyara
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:22
Last Modified: 07 Sep 2023 08:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75575

Actions (login required)

View Item View Item