Perubahan sosial ekonomi warga Kecamatan Balubur Limbangan pasca hadirnya pabrik sepatu: Penelitian di Desa Cijolang Kecamatan Limbangan Garut

Damayanti, Tanti Astuti (2023) Perubahan sosial ekonomi warga Kecamatan Balubur Limbangan pasca hadirnya pabrik sepatu: Penelitian di Desa Cijolang Kecamatan Limbangan Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Banung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perubahan sosial ekonomi warga masyarakat Desa Cijolang setelah hadirnya Pabrik Sepatu. Penelitian ini dilatar belakangi dari fenomena berdirinya pabrik sepatu di Desa Cijolang yang membawa banyak perubahan dalam sosial dan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kondisi ekonomi warga Desa Cijolang sebelum hadirnya pabrik sepatu. Perubahan sosial terjadi sesudah hadirnya pabrik sepatu dan dampak ekonomi warga Desa Cijolang pasca hadirnya pabrik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evolusi sosial Emile Durheim tentang perubahan solidartas mekanis menjadi solidaritas organis yaitu sebuat teori yang digunakan untuk menganalisis perubahan sosial ekonomi warga Balubur setelah hadirnya pabrik. Metode pada penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui pengumpulan data primer dengan cara observasi non partisipan dan wawancara terstruktur. Data sekunder berupa buku dan artikel jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Data yang diperoleh direduksi, dikelompokan kedalam penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran pabrik sepatu baik dari segi makro dan mikro di wilayah Desa Cijolang berdampak pada perubahan sosial-ekonomi masyarakatnya. Hal ini dapat dilihat dari kondisi sebelum adanya pabrik di Desa Cijolang, di mana sebagian besar penduduk adalah petani dan pedagang. Setelah adanya pabrik sepatu, masyarakat mengalami perubahan yang lebih berorientasi pada nilai ekonomi untuk meningkatkan pendapatan. Kondisi sosial-ekono mi masyarakat Desa Cijolang dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu pendidikan, pekerjaan, penghasilan, interaksi, gaya hidup, dan infrastruktur. Selain itu, perubahan yang signifikan adalah adanya pabrik di tengah Desa Cijolang telah mengubah mata pencaharian, dengan beralih dari sektor pertanian ke sektor pabrik dan wirausaha. Namun, kehadiran pabrik juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap sistem sosial di Desa Cijolang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pabrik; Perubahan Sosial-Ekonomi; Masyarakat; Dampak
Subjects: Social Process > Social Change
Customs of People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Tanti Astuti Damayanti
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:36
Last Modified: 07 Sep 2023 06:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75582

Actions (login required)

View Item View Item