Salsabila, Elsa Azzahara (2023) Fenomenologi siswa anggota Ekstrakurikuler Journalist Student Club di MAN 1 Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
Abstract
Menjadi seorang jurnalis bukanlah suatu keturunan, melainkan harus di didik terlebih dahulu. Journalist Student Club (JSC) merupakan salah satu ekstrakurikuler dalam bidang kejurnalistikan yang ada di MAN 1 Ciamis. Ekstrakurikuler ini menjadi sebuah wadah untuk menumbuhkan budaya literasi di bangku sekolah menengah atas. Anggota ekstrakurikuler Journalist Student Club (JSC) tentunya melakukan kegiatan jurnalistik sebagai seorang jurnalis sekolah. Dengan adanya hal tersebut tentu saja siswa anggota Journalist Student Club (JSC) telah ikut berkontribusi dalam dunia jurnalistik. Fokus dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana para siswa anggota ekstrakurikuler Journalist Student Club (JSC) dalam memaknai jurnalistik, mengetahui pemahaman siswa dalam mengikuti kegiatan jurnalistik dan bagaimana pengalaman siswa anggota ekstrakurikuler Journalist Student Club (JSC) dalam melakukan kegiatan jurnalistik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz, yaitu sebagai teori yang bertujuan untuk menjelaskan realitas nyata. Teori ini digunakan karena penelitian yang dilakukan adalah untuk menggali pengalaman sadar yang disadari oleh anggota ekstrakurikuler Journalist Student Club (JSC) terkait dengan pemaknaan, pemahaman dan pengalaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang tepat dengan topik penelitian dan data yang dikumpulkan. Selain melaui observasi dan dokumentasi yang relevan juga melalui wawancara dengan narasumber, sehingga memberikan informasi terhadap apa yang dialami oleh para siswa anggota ekstrakurikuler Journalist Student Club (JSC). Hasil penelitian menunjukkan anggota Journalist Student Club (JSC) memaknai jurnalistik sebagai jembatan arus informasi dan sebuah aktivitas. Mereka juga memaknai ekstrakurikuler Journalist Student Club (JSC) sebagai sebuah ”wadah”. Siswa anggota Journalist Student Club (JSC) memahami ekstrakurikuler Journalist Student Club (JSC) untuk meningkatkan kemampuan siswa dan sebagai sebuah media sekolah. Adapun sumber pemahaman tekait jurnalistik diperoleh dari diklat, seminar kejurnalistikan dan melalui pertemuan pembelajaran setiap minggunya. Pengalaman anggota Journalist Student Club (JSC) tentunya melakukan kegiatan jurnalistik, hasil dari kegiatan tersebut terdiri dari hasil kompetensi, hasil kegiatan jurnalistik dan hasil produk jurnalistik. Adapun tantangan yang dialami dalam melakukan kegiatan jurnalistik terdiri dari tantangan internal dan eksternal. Tantangan internal yaitu, belum menguasai bidang yang diminati dan sebagai pengurus merasa kesulitan dalam mengajar ilmu jurnalistik pada anggotanya. Tantangan eksternal, sulitnya mendapat perizinan, terbatasnya fasilitas internet dan juga kegiatan yang padat karena tinggal di pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Jurnalistik;Fenomenologi;Journalist Student Club |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Elsa Azzahara Salsabila |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 09:17 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 09:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75583 |
Actions (login required)
View Item |