Tradisi pengusaha muslim dan peran home industri dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Cicalengka melalui sektor industri hijab

Septiansyah, M Ridwan (2023) Tradisi pengusaha muslim dan peran home industri dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Cicalengka melalui sektor industri hijab. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover M Ridwan Septiansyah.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak M Ridwan Septiansyah.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi M Ridwan Septiansyah.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 M Ridwan Septiansyah.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 M Ridwan Septiansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 M Ridwan Septiansyah .pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4 M Ridwan Septiansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 M Ridwan Septiansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka M Ridwan Septiansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)

Abstract

Pekerjaan orang dalam memenuhi kebutuhan mereka adalah dengan bekerja.Bekerja adalah suatu tindakan mendatangkan uang tunai untuk mengatasi persoalan-persoalan kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah moneter adalah dengan bisnis (pelaku bisnis). Home Industri Fashion hijab Mazea Collection dan Fadillah Collection di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Merupakan salah satu Home Industri Fashion hijab yang bisa dikatakan sukses di wilayah tersebut, karena Home Industri Fashion tersebut mampu memberdayakan masyarakat sekitar untuk bekerja dan mempuyai penghasilan yang layak. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pekerjaan para pelaku bisnis muslimah di ruang kerjanya sehingga dapat menggunakan SDM (SDM) agar dapat bekerja di bisnis hijab dan dapat membantu membangun kembali perekonomian daerah provinsi. daerah dan perekonomian bangsa, serta belajar tentang Industri Rumahan Gaya Hijab berubah menjadi kebiasaan bisnis traidisi usaha bagi masyarakat. Metode penletian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang mendalam. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan karyawan dan narasumber terkait, sementara data sekunder diperoleh dari skripsi penelitian terdahulu yang terkait dengan judul skripsi ini. Hasil dari penelitian ini adalah usaha dalam Home Industri Fashion Hijab ini dapat membantu membuat kesejahteraan ekonomi masyarakat di kecamatan Cicalengka, serta bagaimana peran pengusaha muslim didalamnya berperan membantu semua itu terwujud, dan pada akhirnya kebiasaan untuk usaha industri hijab ini menjadi tradisi usaha disetiap tahunya tanpa terlepas pada etika bisnis dan syariat – syariat islam. Perkembangan Home Industri Fashion Hijab ini mengalami perkembangan yang signifikan dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang memulai usaha tersebut dan mengalami kesuksesan dan membuat usaha Home Industri Fashion Hijab ini menjadi sebuah Tradisi usaha bagi masyarakat Desa Margaasih. Peran pengusaha muslim di wilayah Desa Margaasih ( Kampung Hijab ) sangat berperan penting dalam memajukan ekonomi masyarakat dibuktikan dengan dapat memaksimalkan potensi masyarakat untuk usaha di bidang ini dengan memberikan dana usaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengusaha Muslim; Home Industri Fasion; Hijab; Tradisi
Subjects: Production, Industrial Economics
Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridwan M Ridwan Septiansyah Ridwan
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:32
Last Modified: 07 Sep 2023 08:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75596

Actions (login required)

View Item View Item