Bimbingan konseling islam dengan terapi realitas untuk meningkatkan penerimaan diri orang tua yang memiliki anak autis : Studi kasus di Sekolah Khusus Nurasih jl. W. R. Supratman Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan

Puspitasari, Ayu Dwi (2023) Bimbingan konseling islam dengan terapi realitas untuk meningkatkan penerimaan diri orang tua yang memiliki anak autis : Studi kasus di Sekolah Khusus Nurasih jl. W. R. Supratman Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Setiap kelahiran seorang anak, orang tua pastinya mengharapkan anaknya lahir dan tumbuh dalam keadaan yang sehat, baik secara fisik dan psikisnya. Namun tidak semua orang tua dikaruniai anak yang sempurna. Beberapa anak dilahirkan dan tumbuh dengan kekurangan-kekurangan serta kondisi yang berbeda dengan anak lainnya, salah satunya adalah anak yang mengalami autisme. Penelitian ini berfokus pada (1) Bagaimana Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Autisme di Sekolah Khusus Nurasih Ciputat ; (2) Proses Terapi Realitas dengan Teknik WDEP Kepada Orang Tua yang Memiliki Anak Autisme ; (3) Hasil yang di Capai dari Bimbingan Konseling dengan Terapi Realitas Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Autisme Di Sekolah Khusus Nurasih Penelitian ini didasarkan pada teori terapi realitas yang menitikberatkan pada proses bantuan yang diberikan kepada orang tua yang memiliki anak dengan autisme dengan teknik WDEP (want, doing and direction, evaluation, planning) dalam upaya meningkatkan atau mengatasi kesulitan-kesulitan dalam penerimaan diri orang tua dan penerimaan kondisi anaknya. Metode dan teknik penelitian dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti melalu observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk foto serta rekaman suara. Setelah data terkumpul dilakukan analisis untuk dapat mengetahui proses dan hasil dengan membandingkan bagaimana kondisi klien sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan konseling dengan terapi realitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bimbingan konseling dengan terapi realitas cukup berhasil. Hal tersebut terlihat dengan adanya perubahan dari sikap klien yang negatif menjadi positif, seperti tidak lagi menarik diri dari lingkungan dan hilangnya keiginan untuk mengakhiri hidup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: anak dengan autisme; bimbingan konseling; penerimaan diri orang tua; terapi realitas.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ayu Dwi Puspitasari
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:45
Last Modified: 07 Sep 2023 08:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75608

Actions (login required)

View Item View Item