Penggunaan bahasa jjurnalistik pada media daring: Analisis deskriptif pada Teras berita Radarsukabumi.com edisi bulan Oktober 2022

Oktaviani, Khoerunnisa (2023) Penggunaan bahasa jjurnalistik pada media daring: Analisis deskriptif pada Teras berita Radarsukabumi.com edisi bulan Oktober 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Media daring adalah media yang tergolong muda, bila dibandingkan dengan media cetak ataupun media elektronik. Dengan adanya media daring, sebuah informasi akan langsung tersampaikan oleh masyarakat terutama berita online. Dalam setiap berita pasti memiliki bagian teras berita, karena itu hal yang terpenting, hal ini akan mempengaruhi jenis teras berita dan karakteristik bahasa jurnalistik mudah dikenali, tetapi banyak orang tidak memperhatikan apakah, berita ini menggunakan karakteristik bahasa jurnalistik dan menggunakan jenis teras berita apa saja yang ada kususnya pada edisi oktober 2022 tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahasa jurnalistik pada teras berita radarsukabumi.com, mengetahui jenis berita apa saja yang digunakan pada edisi oktober 2022 dan implementasi bahasa jurnalistik pada portal media radarsukabumi.com edisi oktober 2022. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mempelajari penggunaan bahasa jurnalistik di radarsukabumi.com, portal berita online, dengan fokus pada teras berita. Metode ini dipilih karena, dianggap cocok untuk menjawab pertanyaan penelitian. Adapun hasilnya menunjukan jelas dan sistematis berdasarkan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini didasarkan pada konsep-konsep Bahasa Jurnalistik. Bahasa jurnalistik yang umum digunakan dalam penelitian, sebagai pengantar bahasa pemberitaan dalam media cetak ataupun media elektronik. Dengan bahasa jurnalistik diharapkan informasi menjadi lebih mudah dimengerti dengan ukuran intelektual yang minimal, sehingga sebagian besar masyarakat yang paham huruf dapat menikmati isinya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa portal berita radarsukabumi.com belum sepenuhnya menggunakan bahasa jurnalistik yang baik dan benar, tetapi masih ada beberapa berita yang sesuai dengan karakteristik bahasa jurnalistik. Sedangkan, jenis teras berita pada bulan oktober 2022 mengandung unsur Who (Siapa), dan implementasinya radarsukabumi sudah mempunyai SOP (Standar Oprasional Penulisan).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Teras Berita; Radarsukabumi.com; Media Daring
Subjects: Use of Other Information Media
Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications
Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Khoerunnisa Oktaviani Khoerunnisa
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:22
Last Modified: 08 Sep 2023 08:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75612

Actions (login required)

View Item View Item